Tuturan id – Menindaklanjuti adanya laporan terkait wasit yang tidak maksimal pada Liga 1 2023 / 2024 Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh () Erick Thohir akhirnya angkat bicara.

Kepada wartawan Erick Thohir mengatakan akan segera menindak lanjuti laporan tersebut dengan memberikan peringatan kepada wasit yang dianggap bekerja tidak bagus.

Bahkan dirinya memastikan siap memberikan sanksi kepada wasit yang melakukan kesalahan. Liga 1 2023/2024 yang baru berjalan tiga pekan ini.

Meski demikian keputusan-keputusan kontroversial masih sering terlihat di beberapa pertandingan seperti salah membuat keputusan offside ataupun memberikan kartu yang tepat untuk sebuah .

Padahal, seleksi wasit Liga 1 2023/2024 telah dilakukan dengan cukup ketat oleh yang bekerjasama dengan Federasi Sepakbola Jepang (JFA).

Adapun hasilnya, dari 160 wasit hanya 18 yang memenuhi standar untuk memimpin divisi teratas liga sepakbola itu.

Erick menegaskan Komite Wasit terus melakukan peninjauan (review) atas para wasit yang bertugas di Liga 1 musim ini di setiap Minggunya.

Pihaknya meminta pencinta sepak untuk bersabar.

“Dari Komdis sudah mereview per minggu untuk kasus-kasus yang terjadi di Liga, apakah pemain ada yang kasar dan lain-lain. Nah Komite Wasit juga akan melakukan sistem itu, ya me-review,” ucap Erick ditemui di Jakarta, Senin (17/7/2023).