Tuturan id – FIFA secara resmi mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah FIFA U17 . Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun Twitter resmi FIFA pada Jumat malam (23/6/) waktu Indonesia.

Dalam tweet-nya, FIFA menyatakan, “This year's #U17WC will be held in Indonesia! (Tahun ini, U17 akan diselenggarakan di Indonesia!)

FIFA juga mengumumkan beberapa turnamen yang akan diselenggarakan pada tahun ini. Piala Dunia FIFA U17 akan menjadi edisi ke-19 dari turnamen sepak bola internasional untuk pemain di bawah 17 tahun yang diselenggarakan setiap dua tahun oleh tim nasional anggota FIFA.

Piala Dunia ini akan berlangsung mulai tanggal 10 November hingga 2 Desember . Setelah absen selama 4 tahun karena , turnamen ini akan kembali diselenggarakan.

Brasil menjadi juara bertahan setelah meraih gelar keempat pada tahun 2019. Sebelumnya, Peru telah diumumkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2021 setelah pertemuan Dewan FIFA pada tanggal 24 Oktober 2019 di Shanghai, Tiongkok.

Namun, setelah edisi 2021 dibatalkan, Peru mengundurkan diri sebagai tuan rumah pada tanggal 3 April 2023. FIFA kemudian mengumumkan pembukaan tender untuk mencari tuan rumah pengganti.

Hal ini terjadi setelah diskusi yang intensif antara Federasi Sepak Bola Peru dan FIFA mengenai ketidakmampuan Peru dalam memenuhi persyaratan infrastruktur sebagai tuan rumah.

Sebagai penggantinya, Indonesia dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023. ini menjadi pengobat kekecewaan Indonesia setelah statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 dicabut pada bulan Mei 2023 yang lalu.****