Tuturan Id – Ketua Umum , Erick Thohir, Kamis (9/8) mengumumkan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) telah resmi dipilih oleh FIFA sebagai venue utama untuk yang dijadwalkan akan berlangsung pada November 2023.

Keputusan ini diambil setelah pemerintah RI menawarkan delapan stadion kepada FIFA, dengan hasil akhir mengerucut menjadi empat stadion, termasuk JIS.

akan menjadi panggung bagi talenta-talenta muda sepak bola yang akan berlaga di empat stadion yang telah ditentukan.

Selain JIS, stadion lain yang menjadi pilihan termasuk Stadion Manahan Solo, Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Jalak Harupat Bandung.

Pembukaan akan diadakan di JIS, sementara stadion Manahan Solo akan menjadi tuan rumah bagi semifinal dan final.

Namun, meski JIS telah mendapatkan kehormatan menjadi venue utama, Erick Thohir mengungkapkan bahwa stadion ini masih memiliki beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

“Terkait hasil laporan kondisi JIS, FIFA menyampaikan bahwa perlu dilakukan penggantian rumput beserta pemeliharaannya,” ungkap Erick.

Ia juga menegaskan bahwa langkah-langkah perbaikan akan segera diambil untuk memastikan stadion dalam kondisi optimal menjelang kick-off .

Proses penentuan venue dan persiapan untuk Piala Dunia U-17 berjalan dalam waktu yang singkat, dengan hanya 93 hari tersisa hingga acara ini dimulai.

Persiapan ini mencakup berbagai aspek, termasuk pendanaan, logistik, dan infrastruktur. Erick Thohir berkomitmen untuk menjalankan persiapan dengan efisien guna memastikan kelancaran penyelenggaraan turnamen ini.

Sebagai bagian dari persiapan, FIFA telah melakukan peninjauan terhadap proposal dan kesiapan Piala Dunia U-17 di .

Dalam hasil peninjauan tersebut, FIFA memberikan beberapa catatan mengenai stadion JIS. Permukaan lapangan JIS saat ini menggunakan sistem tipe karpet dengan lapisan pengisi 60 mm di atasnya.

Namun, FIFA menyarankan agar perbaikan rumput dilakukan secepat mungkin, mengingat Piala Dunia U-17 akan digelar tiga bulan mendatang.

Erick Thohir juga mengungkapkan bahwa, selain JIS, telah mengusulkan enam hingga delapan stadion lainnya kepada FIFA untuk menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U-17.

Ia menegaskan bahwa semua stadion yang diusulkan memenuhi standar FIFA, termasuk standar keamanan, kenyamanan, dan kelayakan untuk menggelar pertandingan .