Kontingen Indonesia berhasil mengukir prestasi gemilang di Para Games 2023 Kamboja dengan meraih medali emas pertama dalam nomor beregu bulu tangkis. Tim Merah Putih berhasil membalik posisi dan mengalahkan Malaysia dengan skor akhir 2-1 pada partai final yang berlangsung di Morodok Techo Badminton Hall pada Sabtu (3/6).

Pelatih kepala tim pelatnas bulu tangkis National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Jarot Hernowo, menyampaikan kegembiraannya atas prestasi tersebut.

“Alhamdulillah, tim ini menyumbang raihan medali emas pertama bagi Indonesia. Strategi tim dan motivasi atlet menjadi kunci keunggulan pada nomor beregu ini.” ungkap Jarot.

Awalnya, Indonesia sempat tertinggal 0-1 ketika tunggal pertama Fredy Setiawan (SL4) kalah dari Mohd Amin Burhanuddin. Meskipun Fredy memimpin pada pertama dengan skor 21-19, Mohd Amin berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan unggul 21-19 pada kedua. Pada ketiga, Mohd Amin tetap mengendalikan permainan dan mengakhiri perlawanan Fredy dengan skor 21-18.

Namun, situasi yang tidak menguntungkan tersebut memotivasi ganda andalan Indonesia, Hafizh Briliansyah Prawiranegara (SU5) dan Hary Susanto (SL4), untuk tampil lebih baik. Mereka tampil dominan pada kedua dan berhasil mengalahkan ganda Malaysia, Muhamad Zulfatihi (SL4) dan Muhammad Fareez (SU5), dalam dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-16.

Pada laga ketiga, tunggal kedua Dheva Anrimusthi (SU5) menjadi penentu kemenangan Indonesia. Dheva menampilkan performa yang luar biasa dengan memenangi pertarungan dua set melawan lawannya, Amyrul Yazid, dengan skor 21-13 dan 21-8.

“Awalnya kami ingin mengambil kemenangan 2-0 langsung di partai final. Tapi situasi di lapangan, berbeda. Fredy kalah dan Indonesia harus ambil poin di dua nomor terakhir.” tutur Muhammad Nurrachman mengungkapkan perasaannya.

Dengan raihan medali emas dalam nomor beregu ini, Jarot Hernowo menambahkan bahwa prestasi ini akan menjadi pemacu semangat bagi 23 pebulutangkis tim Indonesia yang akan berkompetisi dalam nomor perorangan, yang dimulai pada Minggu (4/6).

Tim bulu tangkis Indonesia, yang dikawal oleh manajer Sapta Kunta Purnama, memiliki target untuk memperoleh delapan medali emas, empat perak, dan enam perunggu pada Para Games 2023 Kamboja yang berlangsung dari 3 hingga 9 Juni 2023.

Jarot Hernowo berharap prestasi ini akan menjadi motivasi positif bagi semua atlet untuk mengeluarkan kemampuan maksimal demi meraih prestasi pada nomor-nomor individual.

“Semoga menjadi pemacu positif bagi seluruh atlet untuk mengeluarkan kemampuan maksimal demi meraih prestasi pada pertandingan nomor-nomor individual,” tandasnya.***