– Partai Kebangkitan (PKB) yang ikut bergabung dalam (KPP) yang mengusung secara resmi Anies Baswedan dan (Cak Imin) sebagai pasangan capres-cawapres merasa bersyukur dengan elektabilitas AMIN yang berhasil mengungguli pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md berdasarkan survei IPO.

Dengan adanya hasil tersebut, PKB berharap pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) bisa menang satu putaran pada pilpres 2024.

“Alhamdulillah, ini semua berkat gerak militansi segenap kader dan AMIN, terima kasih atas semangat dan perjuangan para ini yang bergerak dari hati mereka sendiri,” kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (21/11/2023).

Selanjutnya, Daniel Johan juga menyebut peningkatan elektabilitas ini berkat Anies-Cak Imin yang terus berkeliling Indonesia menyapa rakyat. Dia juga optimistis berikutnya Anies-Cak Imin bisa menang satu putaran.

“Pasangan Anies-Muhaimin juga akan terus keliling Indonesia menyapa rakyat di berbagai pelosok dengan target survei berikut bisa menempati nomor satu elektabilitas tertinggi, dan atas dukungan rakyat semoga AMIN menang satu putaran,” ucapnya.

Anggota Komisi IV DPR ini juga menyebut hasil survei tersebut sesuai dengan kondisi di lapangan. Dia melihat ini akan menjadi bola salju kemenangan untuk Anies-Cak Imin.

“Iya, sesuai gelora dan semangat yang ada di lapangan, akan menjadi bola salju yang terus membesar,” tuturnya.

Survei IPO

Sebelumnya, Indonesia Political Opinion atau IPO telah merilis hasil survei terkini mengenai peta elektabilitas tiga pasang calon di Pilpres 2024.

Pada hasil survei tersebut, pasangan Prabowo Subianto- masih menempati urutan pertama di survei IPO, akan tetapi, Anies Baswedan- berhasil mengungguli suara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Berdasarkan rilisan pada Survei IPO yang dirilis hari ini, Senin (20/11/2023), digelar pada periode 10-17 November 2023.

Metode survei ini adalah multistage random sampling atau pengambilan sampel bertingkat dengan melibatkan 1.400 responden. Survei dikatakan memiliki pengukuran kesalahan atau margin of error 2,50 persen dengan tingkat akurasi 95 persen. Untuk menguji validitas responden, IPO menyatakan melakukan spot check pada 10 persen sampel dari total populasi sampel.

Perihal elektabilitas ketiga capres, Prabowo menempati urutan pertama. Posisi kedua diisi Anies Baswedan dan ketiga ditempati Ganjar Pranowo.

  1. Prabowo: 37,5%
  2. Anies: 32,7%
  3. Ganjar: 28,3%

Tidak tahu/tidak jawab: 1,5%

Dalam simulasi pasangan, Prabowo-Gibran menempati urutan pertama disusul Anies-Imin dan Ganjar Mahfud. Hasil ini didapat IPO dengan mengajukan pertanyaan, ‘Jika hari ini dilaksanakan Pemilihan Presiden, dari nama-nama pasangan kandidat ini siapakah yang Bapak/Ibu akan pilih?

  1. Prabowo-Gibran: 36,2%
  2. Anies-Imin: 34,1%
  3. Ganjar-Mahfud 27,1%

Sementara 2,6% lainnya pada survei IPO tersebut belum menentukan pilihannya.***(Nov)