Tuturan id – Juru Bicara (Jubir) Anies Baswedan, Surya Tjandra menantang bakal calon presiden (bacapres) Koalisi (KIM) Prabowo Subianto untuk mengganti Wali Kota Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres).

Tantangan itu disampaikan Surya Tjandra dalam hal menanggapi putusan MKMK tentang pencopotan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dari nya.

Ia menilai putusan MKMK yang menyatakan Ketua MK Anwar Usman melanggar kode etik berat atas uji materi perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden ().

Dalam hal itu, MKMK pun memberikan sanksi pencopotan Anwar sebagai Ketua MK.

“Kalau jantan, seharusnya Pak Prabowo segera mengganti cawapresnya. Tetapi, saya tidak yakin itu akan berani dilakukan ya,” ujar Surya pada tuturan id, Selasa (7/11/2023).

Ia menganggap, proses pelanggaran etik yang dilakukan Anwar atas gugatan uji materi yang akhirnya memberikan jalan untuk Gibran menjadi bakal RI-2 tak lepas dari sikap politik Prabowo.

Baginya, Prabowo sejak awal membutuhkan dukungan Jokowi untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Semua sengkarut MK ini awalnya adalah karena Pak Prabowo tidak cukup percaya diri maju capres tanpa dukungan Presiden Jokowi,” tutur dia.

“Sehingga harus memaksakan diri mengambil anak kandungnya sebagai , meski harus mengubah yang ada melalui MK,” kata dia lagi.

Terakhir, dia berharap putusan MK menjadi preseden baik setelah publik dikecewakan atas putusan uji materi usia .

“Semoga (putusan MKMK) bisa mengembalikan kepercayaan publik kepada MK yang beberapa waktu ini dirusak oleh ketuanya sendiri,” imbuh dia.***