Tuturan id – Sudah makan hari ini?, jika belum yuk kita kenal lebih dekat dengan yang satu ini hingga pelajari resep khas Makassar yang teksturnya bikin pecah di mulut.

adalah sejenis makanan ringan yang populer di beberapa masakan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Secara umum, merupakan sejenis pastry yang digoreng atau dipanggang dengan isian yang gurih.

Jalangkote memiliki beberapa variasi dalam pengucapan dan pengejaan di berbagai negara. Di Indonesia, terutama di wilayah , makanan ini dikenal dengan nama jalangkote. Di India dan beberapa negara lainnya, makanan ini dikenal sebagai samosa, sedangkan di Timur Tengah dikenal sebagai sambusa.

Jalangkote biasanya terdiri dari adonan tepung terigu yang diisi dengan campuran kentang, bawang, kacang polong, dan kadang-kadang cincang. Isian tersebut biasanya telah dibumbui dengan rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, dan jintan. Adonan tepung kemudian dibungkus dan dilipat menjadi bentuk segitiga atau setengah bulan sebelum digoreng atau dipanggang.

Makanan ini sering kali disajikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Jalangkote dapat ditemui di pedagang kaki lima, pasar tradisional, atau restoran dengan beragam pilihan saus atau sambal sebagai pelengkapnya, seperti saus sambal, saus manis asam, atau chutney tomat.

Jalangkote memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah karena adonan tepungnya yang digoreng atau dipanggang. Kelezatan dan keunikan jalangkote membuatnya menjadi salah satu camilan yang populer dan sering dinikmati oleh banyak orang di berbagai negara.

Berikut adalah resep jalangkote khas Makassar:

Bahan-bahan:

250 gram tepung terigu

50 gram margarin, dilelehkan

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula

Air secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Bahan Isian:

  • 200 gram ayam cincang
  • 100 gram kentang, potong dadu kecil
  • 1 wortel, potong dadu kecil
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 100 ml air

Langkah-langkah:

  1. Persiapkan adonan kulit jalangkote. Campurkan tepung terigu, garam, dan gula dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan margarin leleh, lalu tuangkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga membentuk adonan elastis dan tidak lengket. Diamkan adonan selama 15-20 menit.
  2. Sementara itu, persiapkan bahan isian. Panaskan minyak sayur dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan ayam cincang dan masak hingga berubah warna.
  3. Tambahkan kentang dan wortel ke dalam wajan, aduk rata. Masukkan garam, merica bubuk, gula, kaldu ayam bubuk, kecap manis, dan air. Masak hingga semua bahan matang dan air meresap. Angkat dan biarkan dingin.
  4. Ambil adonan kulit jalangkote yang sudah didiamkan. Giling adonan dengan rolling pin hingga tipis. Potong adonan menjadi persegi panjang dengan ukuran yang diinginkan.
  5. Ambil selembar kulit jalangkote dan letakkan sedikit isian di tengahnya. Lipat kulit membentuk segitiga dan tekan tepiannya agar rapat. Ulangi proses ini hingga semua adonan dan isian habis.
  6. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng jalangkote dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan kulitnya renyah. Angkat dan tiriskan.
  7. Jalangkote Makassar siap disajikan. Nikmati sebagai camilan atau hidangan pembuka, bisa disajikan dengan saus sambal atau saus favorit Anda.

Selamat mencoba dan menikmati jalangkote khas Makassar!