Tuturan id – Konten kreator Indonesia kini sudah bisa menikmati keuntungan dari monetisasi Twitter. Media sosial ini memang sudah terkenal sebagai kanal favorit untuk bermacam hal. Namun soal monetisasi, Twitter baru melakukannya usai perombakan besar-besaran yang dilakukan oleh Elon Musk.

Pengguna dimungkinkan memperoleh dari monetisasi twit dari Ads Revenue Sharing Twitter X yang ditampilkan di Twitter. Meski demikian, saat ini tampaknya hanya kreator konten dengan persyaratan tertentu saja yang bisa menikmati monetisasi twit tersebut.

Agar dapat menikmati monetisasi tweet, pengguna terlebih dahulu berlangganan dalam Twitter Blue. Berdasarkan daftar harga di laman Help Center Twitter, harga berlangganan di Twitter Blue di Indonesia dibanderol di angka Rp 120.000 per bulan, atau Rp 1,25 juta per tahun, bagi yang mendaftar via Twitter versi .

Sementara jika berlangganan layanan Twitter Blue melalui aplikasi Twitter di Android dan iOS (mobile), harganya lebih tinggi yakni di angka Rp 165.000 per bulan.

Jika pengguna centang biru atau twitter blue sudah mendapatkan verifikasi maka ada beberapa persyaratan tambahan agar monetisasi dapat dilakukan yakni minimal followers sudah mencapai 500 pengikut dan memiliki minimalimpresi iklan dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

Persentase bagian yang diterima akan bervariasi tergantung pada jumlah impresi iklan yang diterima. ini juga merupakan cara bagi Twitter untuk menghargai kreator konten yang membantu membuat ini tetap menarik dan bermanfaat bagi pengguna.

Sementara untuk mencairkan dana keuntungan, dapat dilakukan minimal pencairan $50.****