Tuturan id – Konten-konten yang tersedia di YouTube sangatlah beragam dan menarik. Mulai dari video tutorial, vlog, hingga musik-musik dan video klip terbaru, kita dapat menikmati berbagai jenis konten yang disajikan.

Namun, terkadang kita ingin menyimpan video tersebut agar dapat ditonton secara offline atau membagikannya dengan teman-teman. Sayangnya, perangkat seperti iPhone atau iPad memiliki keterbatasan dalam pengelolaan file, termasuk pengunduhan video.

Oleh karena itu, mengunduh video dari YouTube dengan perangkat ini terkadang agak sulit atau bahkan tampak tidak mungkin dilakukan.

Namun, ada praktis untuk kendala ini. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengunduh video YouTube dengan mudah menggunakan perangkat iPhone atau iPad adalah “Documents” yang dikembangkan oleh Readdle.

Aplikasi ini tidak hanya mempermudah pengelolaan file pada perangkat , tetapi juga menyediakan fitur pengunduhan dan penyimpanan file yang lengkap.

Dengan menggunakan aplikasi Documents, Anda dapat mengunduh video, film, musik, serta membaca dan membagikan dokumen elektronik seperti ePUB dan PDF. Bahkan, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengedit file-file tersebut sesuai kebutuhan.

Untuk memulai, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Documents melalui tautan berikut: https://apps.apple.com/id/app/documents-file-manager-docs/id364901807.

Setelah Anda menginstal aplikasi Documents, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh video YouTube:

  1. Siapkan link video YouTube yang ingin Anda unduh dan salin link tersebut.
  2. Buka aplikasi Documents, kemudian pada bilah navigasi di bagian bawah layar, pilih ikon “Browser”.
  3. Di dalam browser aplikasi Documents, cari layanan unduh video YouTube seperti ytmp4, ytmp3, atau savefrom.
  4. Tempelkan link YouTube yang telah Anda salin sebelumnya pada kolom yang disediakan di situs unduhan tersebut, lalu tekan tombol “” atau “Unduh”.
  5. Aplikasi Documents akan memproses unduhan dan menyimpan video ke dalam penyimpanan perangkat Anda.

Selain itu, aplikasi Documents juga mendukung pengunduhan file MP3 untuk musik atau playlist yang dapat diputar pada perangkat , seperti iPhone atau iPad Anda. Dengan begitu, Anda dapat memiliki koleksi musik favorit yang dapat dinikmati kapan saja, bahkan saat offline.

Fitur lain yang tidak kalah istimewa dari aplikasi Documents adalah kemampuannya untuk mengakses file-file di perangkat Anda menggunakan komputer dari jarak jauh.

Aplikasi ini dapat berfungsi sebagai protokol transfer file (), sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola dan memindahkan file-file antara perangkat iOS dan komputer Anda.

Dengan menggunakan aplikasi Documents, mengunduh video YouTube menjadi lebih mudah dan praktis di perangkat iOS, seperti iPhone atau iPad Anda.

Aplikasi ini memberikan lengkap untuk pengelolaan file dan pengunduhan, serta menawarkan fitur-fitur tambahan yang berguna dalam mengatur dan mengakses berbagai jenis konten digital.****