Tuturan id – Toyota Yaris Cross Hybrid buatan oleh PT Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) diluncurkan ke pasar ekspor di 25 negara.

Hal tersebut membuat Yaris Cross menjadi mobil hybrid kedua yang diproduksi oleh TMMIN untuk diekspor ke Amerika Latin dan .

Seremoni ekspor dilakukan di pabrik TMMIN di Karawang, tempat seluruh model Yaris Cross, termasuk tipe bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV), disiapkan untuk dikirim ke berbagai negara.

Produksi Yaris Cross merupakan komitmen Toyota dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi emisi dan memberikan pilihan model elektrifikasi serta kendaraan hemat bahan bakar kepada konsumen.

Yaris Cross buatan memiliki kandungan lokal sebesar 80%, yang merupakan pencapaian yang signifikan, dan diarahkan untuk memasuki pasar ekspor di Amerika Latin dan . Toyota berharap kontribusinya dapat memberikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Yaris Cross versi bensin dan HEV memiliki tingkat emisi CO2 yang rendah dan efisiensi bahan bakar tinggi, menjadikannya pilihan yang ramah lingkungan dan ekonomis.

Dalam rangka mencapai target dekarbonisasi pemerintah Indonesia, Toyota Yaris Cross diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin menginginkan kendaraan yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa.

Dengan dilakukannya ekspor Yaris Cross, Indonesia semakin memperkuat posisinya sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan Toyota di wilayah Pasifik, terutama dalam era elektrifikasi.

Pabrik Karawang 2 telah berhasil melakukan produksi lokal komponen baterai lithium-ion untuk mobil hybrid ini, menunjukkan perkembangan industri manufaktur otomotif nasional yang semakin dominan dalam hal komponen lokal. Sementara itu, mesinnya diproduksi di pabrik Karawang 3, yang menandai kedalaman industri otomotif di Indonesia.

Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN, menyatakan bahwa Toyota Indonesia berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan juga perekonomian bangsa.

“Yaris Cross buatan Indonesia dengan kandungan lokal 80% baik versi bensin maupun HEV juga ditujukan untuk pasar ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan , sehingga kami berharap dapat juga memberikan kontribusi ekonomi bagi bangsa Indonesia,” ujar Warih dikutip dari laman Jawapos.

Ia berharap dengan ekspor Toyota Yaris Cross Hybrid buatan Indonesia, akan semakin banyak konsumen di berbagai negara yang dapat menikmati manfaat ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar yang ditawarkan oleh mobil ini.****