Tuturan id – Meta, perusahaan induk WhatsApp, baru saja mengumumkan fitur baru yang akan diuji oleh para pengguna WhatsApp Beta di platform dan Android.

Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dengan tinggi (HD) sambil tetap mempertahankan dimensi aslinya.

Sejauh ini, pengguna WhatsApp hanya dapat mengirimkan gambar yang telah dikompresi secara otomatis.

Kemampuan baru ini diharapkan akan meningkatkan pengalaman berbagi media pengguna WhatsApp di masa mendatang.

Menurut laporan dari Gizmochina pada Kamis (9/6/2023), fitur ini kemungkinan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang setelah diuji oleh pengguna WhatsApp Beta.

Bagi pengguna WhatsApp Beta yang ingin mencoba fitur ini, mereka perlu memperbarui aplikasi beta mereka ke versi 23.11.0.76 atau Android 2.23.12.13.

Setelah melakukan pembaruan, pengguna akan melihat opsi baru berupa ikon dengan tulisan “HD” dan ikon pengaturan kecil di pojok kiri bawah ketika mereka ingin mengirimkan foto dengan ukuran besar.

Opsi ini akan muncul secara otomatis ketika pengguna memilih foto dengan HD untuk dikirimkan.

Kirim Gambar dengan HD. Foto : WABetaInfo

Namun, untuk mengirimkan dalam format HD, pengguna harus mengaktifkan opsi tersebut secara manual. Jika tidak diaktifkan, pengiriman gambar akan dilakukan seperti biasa.

Perlu dicatat bahwa meskipun dimensi atau ukuran foto tetap terjaga, ada sedikit kompresi yang dilakukan untuk memastikan efisiensi pengiriman.

Pengguna yang menerima gambar dengan resolusi tinggi akan melihat label “HD” di pojok kanan bawah sebagai indikasi bahwa mereka menerima kiriman gambar dengan ukuran besar.

Saat ini, fitur berbagi gambar HD baru sedang diuji coba hanya dalam kolom obrolan saja dan belum diperluas ke fitur berbagi atau pembaruan status.

Untuk mengirimkan dengan kualitas tinggi, pengguna masih harus menggunakan opsi “” seperti sebelumnya.

Dengan fitur baru ini, WhatsApp memberikan pengguna lebih banyak fleksibilitas dalam berbagi foto berkualitas tinggi dan mempertahankan gambar.

Pengguna di seluruh dapat menantikan pembaruan ini dalam waktu dekat dan dapat meningkatkan pengalaman mereka dalam menggunakan aplikasi WhatsApp.****