id – Mission: Impossible – Dead Reckoning Bagian Pertama mengalami penundaan selama beberapa tahun akibat global, tetapi akhirnya dirilis di bioskop pada saat publik semakin sadar akan perkembangan teknologi AI.

Hal ini membuat film ini terasa sangat relevan, bukan dalam hal teknologi itu sendiri, tetapi sejauh mana teknologi tersebut menjadi perhatian . Dalam perannya sebagai Ethan Hunt, Tom Cruise memberikan penampilan yang keren, karismatik, dan sesuai dengan karakter seorang mata-mata super yang menua dan memiliki tim sekutu yang juga semakin tua.

Namun, meskipun Cruise berhasil dengan perannya sebagai pahlawan aksi yang ahli dalam adegan berbahaya, dan sutradara Christopher McQuarrie memiliki kemampuan dalam menciptakan adegan aksi yang spektakuler, terkadang film ini terlalu banyak menggunakan lelucon tentang dirinya sendiri dan klise yang sudah terlalu sering digunakan.

Ditampilkan setelah Mission: Impossible – Fallout, Dead Reckoning Bagian Pertama mengisahkan cerita yang berliku-liku tentang bagaimana Ethan Hunt (Cruise) dan timnya dari Impossible Mission Force ditugaskan untuk menyelamatkan dari yang cerdas dan jahat, yang memiliki kekuatan untuk memicu perang global.

Sepanjang film, tidak ada yang sepenuhnya memahami apa sebenarnya “Entitas” antagonis yang abstrak serta tujuan penciptaannya. Namun pasca misterius membuat program terlepas ini ke , Negara-negara besar mulai berusaha mendapatkan untuk menguasai masa depan.

Film-film Mission: Impossible selalu menekankan ketegangan, intrik dan aksi, ketimbang menceritakan cerita yang sangat masuk akal. Tetapi di Film Dead Reckoning banyak percobaan yang berakhir dengan kegagalan, hingga membuat ini berbeda dari yang pernah dihadapi Ethan, Ilsa Faust (Rebecca Ferguson), Luther Stickell (Ving Rhames) serta dan Benji Dunn (Simon Pegg) sebelumnya.

Film ini menunjukkan bahwa Paramount punya rencana jangka panjang untuk franchise Mission: Impossible yang lebih besar dan menggambarkan pergantian pemeran utama akan segera terjadi.

Yang paling mengesankan dalam film ini tentu saja adalah adegan-adegan aksi yang spektakuler yang dilakukan Ethan bersama Tim.

Meskipun film ini membentuk dasar untuk masa depan franchise ini, Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One berasumsi bahwa film ini dapat menarik penonton inti dengan mengulangi momen-momen dari film sebelumnya. Namun, di sisi lain pendekatan ini tentunya sulit diterima bagi penonton baru, mengingat bahwa ini hanya setengah dari cerita yang akan diselesaikan oleh Mission: Impossible – Dead Reckoning Part Two tahun depan.

Mission: Impossible – Dead Reckoning Bagian Pertama juga dibintangi oleh Esai Morales, Vanessa Kirby, Henry Czerny, Frederick Schmidt, Greg Tarzan Davis, dan Shea Whigham.****