id – baru dari pabrikan Suzuki yang meluncurkan barunya di tahun 2023 ini bikin gelisah, tidak hanya dijual dengan harga terjangkau, namun baru dari Suzuki kali ini hadir dengan beragam fitur terbarunya yang bikin tampilannya semakin istimewa. Lebih jelasnya intip langsung spesifikasinya dalam artikel berikut ini,

Suzuki menggila luncurkan mobil baru kembaran Innova zenix 2023, berdasarkan dari bocoran yang didapatkan, Suzuki akan mengambil basis Innova high rolls yang di ribed sebagai salah satu pembeda diantara keduanya, Suzuki kini juga berhasil untuk memberikan sentuhan desain yang berbeda pada bagian wajah dan peletnya.

Eksterior

Secara dimensi Mimin mendapatkan bocoran jika Suzuki 2023 ini memiliki panjang 4.755 lebar 1.850 tinggi 1795 sampai juga dengan jarak tempur roda 2.850 mm

Sedangkan untuk segi desain postingnya mobil baru ini masih mempertahankan garis desain Innova zenix akan tetapi dengan sedikit penyesuaian terutama pada bagian grill.

Ilustrasi sketsa dari halaman resmi Suzuki memperlihatkan tampilan Suzuki dengan body Innova serta juga bentuk grill dan juga Suzuki tidak lagi menggunakan platform tangga atau yang lebih dikenal dengan leader, mobil baru ini mengusung platform NGA atau lebih tepatnya yaitu TNGA GAC dengan struktur monokorom

Interior

Suzuki tahun 2023 mempunyai desain interior yang terbilang sangat modern serta juga cenderung didominasi warna hitam dengan mempunyai ruang kabin yang luas.

Suzuki Engage tahun 2023 bisa untuk memuat sampai dengan 7 penumpang dewasa, selain Panoramic sunroof, Suzuki kali ini juga sudah mulai disematkan fitur-fitur lain yang bisa juga untuk memberi kenyamanan bagi para pengemudi dan para penumpang, ketika berkendara.

Khusus untuk varian V dan Q ada head unit 9/10 inch with smartphone connectivity TFT Fid 7 inch, 20 inch Entertainment wireless, charge power back door with voice dan lainnya.

Suzuki Engage tahun 2023 dinilai memiliki ruang Kepala dan kaki yang sangat luas, seluruh dari Jok kursinya sudah dibalut dengan bahan yang cukup lembut sehingga nyaman ketika diduduki, sementara untuk baris kedua sudah dilengkapi dengan tempat penyimpanan cukup besar, Cup holder dan head Race yang dapat disesuaikan.

Fitur

Suzuki Engage di prediksi akan menerapkan berbagai fitur-fitur canggih yang dipunyai oleh Innova zenix, diantaranya yaitu super the Advance drivers system, Toyota menamainya Toyota safety Sense.

Sedangkan untuk fitur lainnya Suzuki Engage dalam baris kedua diharapkan telah mengadopsi model Captain seat, sama halnya dengan Innova zenix pendukung lainnya juga di sini terdapat kamera 360 derajat, layar sentuh 10 inci, dan juga Panoramic roof ganda yang dapat bikin tampilan mobil Jadi terlihat makin mewah dan kabinnya terasa lebih lega.

Diprediksi jika Suzuki Engage ini juga bakalan mengadopsi fitur-fitur safty seperti halnya Innova. Selain kenyamanan, mobil baru ini telah dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan dan keselamatan canggih, untuk varian Q Hybrid dibekali dengan fitur Toyota safty sense (TSS) yang mana terdiri dari beragam fitur berikut.

Break a lysens system, Dynamic Radar keris control atau adaptif, Line deparder araife, Line tryasing asist, Automatic high bim, ke 5 fitur tersebut dinilai bisa membantu para pengemudi ketika berkendara, adaptor qris control ini di jalan tol keberadaannya sangat membantu, dalam mengaktifkan fitur canggih ini para pengemudi cukup menggunakan tombol di setir kemudi.

Tidak hanya itu ada juga airbag pada bagian depan dan samping, facial stability control, blind spot monitor serta juga health start Asist.

Performa mesin

Sementara untuk jantung pacu Suzuki Engage tahun 2023 mesin Hybrid, tipe ini dibenamkan mesin dengan menggunakan kode M20 afxl 4 silinder in line 16 false DOHC dan drive vvti berkapasitas 1987 cc direct injection, port injection d45 sistem, dengan kompresi 14,0 banding 1, dan baterai Hybrid ini MH yang dibedakan pada bawah kedua jok depan.

Dengan kehadiran di mesin tersebut sehingga membuat tenaga yang dimuntahkan hingga mencapai 152 PS pada 6.000 RPM dan torsi 19.1 kg pada 4.400 sampai 5.200 RPM

Sementara untuk adanya ada tambahan daya 113 PS dan torsi 21 kgm dengan begitu mobil ini memiliki daya mencapai 186 PS.

Adapun untuk mobil baru dengan tipe bensin dijejali dengan mesin 4 silinder in line 16 valve DOHC dan dual VVTI berkapasitas 1987 cc. direct injection, port injection d45 system tapi kodenya M20 afks.

Alhasil dengan begitu Mic kompresinya juga sangat jauh berbeda lebih kecil angkanya yaitu 13,0 banding 1 sebab mesin bensin, maka daya yang dihasilkan di sini hingga mencapai 174 PS pada 6600rpm dan torsi 20,9 kgm pada 4.500 sampai 4900 RPM

Harga

Mengingat dengan tampilannya hampir sama dengan Kijang Innova zenix, harganya tentu saja tidak menutup kemungkinan sama dengan zenix dimana untuk harga Toyota Kijang Innova zenix antara 419 juta sampai juga dengan 467 juta rupiah. ****