Tuturan id – Sosok Pelatih Shin Tae-yong menjadi figur penting prestasi belakangan ini. Dirinya baru saja membawa sejarah baru bagi , untuk pertama kalinya Tim Nasional U-23 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia.

Kepastian lolosnya Timnas U-23, usai memenangkan pertandingan babak kualifikasi antara Indonesia vs Uzbekistan dengan skor 2-0, melalui gol Ivar Jenner dan Pratama Arhan pada Matchday kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia yang berlangsung di Stadion Manahan, , Selasa (12/9/) malam WIB.

Dengan begitu, Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang dapat meloloskan 3 Timnas sekaligus ke putaran Final Piala Asia, yakni Timnas Senior, Timnas U-23 dan Timnas U-20, yang sudah lama absen bertahun-tahun lamanya.

Sejak menukangi di akhir tahun 2019, STY telah membuat progres peningkatan rangking fifa. Timnas kini telah memiliki 1.052,87 poin dan berada di peringkat 147 FIFA. Jika dilihat peringkat sejak September tahun lalu, Shin Tae Yong telah berhasil membawa timnas naik 28 peringkat. 

Sementara sosok pemain patut mendapat kredit lebih berkat penampilannya bersama Timnas belakangan ini, yakni Marselino Ferdinand. Baru berusia 19 tahun, namun Marselino telah ikut andil dalam kelolosan 3 sekaligus ke Piala Asia, baik Senior, U23, dan U20. Dalam semua ajang Kualifikasi tersebut, Marselino juga berhasil mencetak Gol untuk ketiga Timnas.

Usai Tim Nasional U-23 Indonesia memastikan lolos ke putaran final Piala Asia, salah satu punggawa Timnas paling mencuri perhatian yakni Ivar Jenner. Pemain Naturalisasi bertinggi 1,88 m yang juga masih berusia 19 tahun ini, mempunya visi bermain yang baik dan kemampuan scanning yang amat baik. Tipikal jangkar yang lebih dari apa yang bisa kita impikan untuk Timnas Indonesia.

Berkat kelolosan 3 Timnas sekaligus ke putaran Final Piala Asia, menjadi momentum bagus  Timnas U 23 dan Timnas Senior untuk bisa lolos dari fase grup Piala Asia. Timnas senior akan berlaga pada 12 Januari – 10 Februari 2024 dan Timnas U23 pada 15 April – 3 Mei 2024 mendatang.

Sementara dalam waktu dekat, Shin Tae-yong kembali akan menukangi Timnas Indonesia saat melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam ajang Kualifikasi Piala 2026 Leg 1 pada 12 Oktober , Sedangkan Leg 2 akan dimainkan di Sultan Hassanal Bolkiah Stadium, Brunei 17 Okt .**(bee)