– Manchester United siap merampungkan kesepakatan senilai 47,2 juta Poundsterling (sekitar 932 miliar Rupiah) guna mendatangkan kiper top, Andre Onana, dari .

Pemain asal berusia 27 tahun itu telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun di Old Trafford dengan opsi perpanjangan satu tahun, menggantikan posisi David De Gea yang telah meninggalkan klub setelah 12 tahun menjadi kiper utama Manchester United.

Biaya transfer untuk Onana sebesar 51 juta Euro (sekitar 849 miliar Rupiah) merupakan bagian awal dari kesepakatan, ditambah potensi tambahan sebesar 4 juta Euro (sekitar 66 miliar Rupiah) tergantung pada performa individu dan klub.

Erik ten Hag, manajer Manchester United, sebelumnya pernah bekerja sama dengan Onana di Ajax, di mana keduanya berhasil meraih tiga gelar liga dan dua Piala KNVB bersama serta mencapai semifinal Liga Champions pada tahun 2019.

Sejak bergabung dengan klub-klub sebelumnya, Onana telah mencatatkan 104 kali clean sheet dalam 255 penampilannya sebagai kiper, dan ia juga berhasil memenangkan Coppa Italia selama bermain di San Siro sejak bergabung dengan pada tahun 2022.

Onana juga telah menyampaikan kegembiraannya atas kesempatan yang diberikan untuk bergabung dengan Manchester United

“Bergabung dengan Manchester United adalah kehormatan yang luar biasa dan saya telah bekerja keras sepanjang hidup saya untuk mencapai momen ini, mengatasi banyak rintangan di sepanjang jalan.” ujar Onana dikutip dari Sky Sports.

Berjalan keluar di Old Trafford untuk membela gawang kami dan berkontribusi untuk tim akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Ini adalah awal dari perjalanan baru bagi saya, dengan rekan-rekan setim baru, dan ambisi baru untuk berjuang bersama.” tambah Onana.

Mengetahui bahwa Manchester United memiliki panjang dengan penjaga gawang luar biasa, Onana berkomitmen untuk menciptakan warisannya sendiri di klub besar ini dalam beberapa tahun mendatang.

Kaveh Solhekol, reporter Sky Sports News, menegaskan bahwa kesepakatan ini adalah pencapaian luar biasa bagi , mengingat Onana sebelumnya didatangkan oleh klub itu secara pada musim sebelumnya dan kini dijual dengan harga hampir 48 juta Poundsterling (sekitar 946 miliar Rupiah).

Onana digambarkan sebagai penjaga gawang modern yang mampu bermain dengan baik menggunakan kaki dan sangat nyaman menguasai bola, cocok untuk permainan bola masa kini. Ten Hag, yang telah bekerja sama dengannya di Ajax, mengetahui kualitasnya dengan baik.

Zinny Boswell, analis sepak bola Sky Sports, menyatakan bahwa Onana mewakili penjaga gawang modern. Dia mampu bermain sebagai “sweeper ‘keeper” yang lincah dan dapat bermain dengan kaki. Kepercayaan diri Onana diharapkan menjadi kunci kesuksesan di Manchester United, karena posisi kiper di dianggap sebagai yang paling tertekan dalam sepakbola.

Statistik menunjukkan bahwa Onana memiliki kinerja yang lebih baik daripada David De Gea dalam frekuensi umpan, akurasi umpan, umpan panjang, dan akurasi umpan panjang. Hal ini sejalan dengan gaya permainan yang diinginkan oleh Ten Hag dalam mengendalikan permainan.