– Petenis Serbia, , berhasil mencapai prestasi luar biasa dengan menjadi juara atau French Open 2023. Pada Roland Garros yang digelar pada Senin (12/6/2023) dini hari WIB, Djokovic berhasil mengalahkan Casper Ruud dalam tiga set langsung.

Kemenangan ini membawa Djokovic meraih dua rekor yang luar biasa. Djokovic kini menjadi petenis putra dengan jumlah gelar Grand Slam terbanyak di dunia, dengan total 23 kali menjadi juara Grand Slam.

Selain itu, Djokovic juga mencatatkan dirinya sebagai petenis pria tersukses sepanjang sejarah. Ia melampaui pencapaian Rafael Nadal yang sebelumnya memegang rekor dengan 22 gelar Grand Slam.

Pada French Open 2023 ini, Nadal tidak dapat berpartisipasi karena mengalami cedera. Sebagai juara bertahan, Nadal selama ini menjadi langganan juara di French Open.

Bagi Djokovic, ini merupakan kali ketiga ia berhasil menjadi juara French Open setelah sebelumnya meraihnya pada tahun 2016 dan 2021.

Dengan pencapaian ini, Djokovic menjadi petenis pria pertama yang berhasil memenangkan keempat turnamen Grand Slam setidaknya tiga kali.

Tidak hanya itu, Djokovic kini sedang mengejar rekor petenis dengan jumlah gelar Grand Slam terbanyak sepanjang masa yang saat ini masih dipegang oleh petenis putri Margaret Court dengan 24 gelar juara. Djokovic berpotensi menyamai rekor tersebut jika ia berhasil menjadi juara di turnamen Wimbledon pekan depan.

Selain itu, Djokovic juga berpeluang memecahkan rekor lainnya. Jika berhasil menjadi juara di Wimbledon, ia akan menyamai pencapaian Roger Federer sebagai petenis pria yang paling sering menang di Wimbledon dengan delapan gelar juara.

Djokovic memang diunggulkan untuk meraih kemenangan di French Open 2023 setelah absennya Nadal. Terlebih setelah berhasil mengatasi perlawanan Carlos Alcaraz, peringkat satu dunia, di babak semifinal.

Pada French Open 2023, Djokovic mengalami kesulitan awal dengan tertinggal 0-3 dari Ruud. Namun, Djokovic berhasil bangkit dan memenangkan set pertama dengan tie-break 7-6.

Di set kedua, Djokovic menunjukkan dominasinya dengan unggul 3-0 sebelum akhirnya menutup dengan 6-3. Pada set ketiga, Ruud memberikan perlawanan sengit dan sempat imbang 5-5. Namun, pengalaman Djokovic mampu membawanya meraih kemenangan dengan akhir 7-5.

Kesuksesan ini di French Open membuat Djokovic hampir pasti akan kembali menduduki peringkat satu dunia dalam peringkat petenis putra, menggeser Carlos Alcaraz.****