id – Memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi dalam mengemban amanah, menjadi hal yang telah melekat pada diri Rusihan Jafar.

Pemilik nama lengkap Rusihan Jafar, S.Pd lahir di Guruapin, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, pada 06 Oktober 1977.

Rusihan Jafar, diketahui telah melewati sejumlah jenjang pendidikan untuk mempersiapkan dirinya sebagai seorang pemimpin dan memperjuangkan cita-cita

Ia memulai jenjang pendidikannya di Sekolah Dasar (SD) Inpres Khatulistiwa Kayoa sejak tahun 1982 dan lulus tahun 1987, dirinya kemudian mengenyam pendidikan Agama sejak dini melalui Madrasah Tsanawiyah Kayoa dan lulus pada tahun 1993, kemudian melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Ternate, dan lulus pada tahun 1996, serta menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, Universitas Khairun Ternate pada tahun 2002.

Rusihan Jafar merupakan seorang suami dari istri bernama Ramuna HS. Tawari S.Pd dan keduanya dikaruniai seorang anak bernama Filzah Velisa Rusihan.

Dalam berorganisasi Rusihan Jafar terbilang cukup antusias, sejak menjadi mahasiswa dirinya aktif mengikuti berbagai bidang organisasi kemahasiswaan.

Semangat berorganisasi itupun terus terbawa hingga selesai masa pendidikannya di Universitas, dan dipercaya menjadi Wakil Ketua ISNU (Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama) Maluku Utara, hingga diberi mandat menjadi Wakil Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Maluku Utara.

Karier Politiknya terbilang cukup cemerlang, sejak tahun 2004 dirinya memantapkan diri untuk maju sebagai calon anggota Kabupaten Halmahera Selatan periode (2004-2009) dan berhasil terpilih di periode ke-2 dengan jabatan sebagai Wakil Ketua Halmahera Selatan (2009-2014).

Setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Wakil Ketua Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Rusihan Jafar kemudian memberanikan diri maju ke Provinsi Maluku Utara (Malut), dan akhirnya ia berhasil terpilih untuk menjadi Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara periode (2004-2009) melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Semangatnya dalam memimpin sudah tak diragukan lagi, hal itu terlihat dari keberaniannya maju mencalonkan diri dalam kontestasi pemilihan kepala daerah sebagai calon Bupati Halmahera Selatan pada tahun 2015.

Meski belum mendapat kesempatan terpilih sebagai Bupati, semangat untuk mendedikasikan dirinya sebagai bagian dari pengayom masyarakat tidak kemudian menjadi surut.

Rusihan Jafar kini memantapkan diri untuk kembali maju sebagai calon DPRD Provinsi Maluku Utara tahun 2024, untuk daerah pemilihan (Dapil) Halmahera Selatan dengan membawa 1 dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) besutan Hary Tanoesudibjo.***