Tuturan id, Timur – Pemimpin, sebagai sosok yang menjalankan fungsi kepemimpinan, memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan kepemimpinan pemerintahan di Indonesia.

Adalah Mustakim, seorang calon anggota DPR RI dari Partai Golkar Daerah pemilihan (Dapil) Timur (Gresik Lamongan), siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin yang berintegritas dan mendorong kolaborasi.

Dalam perjalanan karir dan pendidikannya, Mustakim selalu mengutamakan nilai-nilai kepemimpinan yang berlandaskan hati dan kejujuran.

Mustakim percaya bahwa seorang pemimpin yang sukses adalah orang yang mampu memimpin dengan hati, menunjukkan integritas, dan mendorong kolaborasi di antara anggota masyarakat.

Baginya, keberhasilan seorang pemimpin bukanlah semata- tentang menghasilkan banyak pengikut, tetapi lebih pada kemampuannya untuk menciptakan lebih banyak pemimpin.

“Pemimpin yang sejati adalah mereka yang mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan dengan tindakan sehari-hari. Dengan begitu, kualitas kehidupan masyarakat juga akan meningkat secara signifikan,” ungkap Mustakim.

Motto “Muda Unggul Santun”

Muda Unggul Santun” merupakan motto yang menggambarkan semangat dan nilai-nilai yang tinggi oleh Mustakim. Ini memiliki makna bahwa generasi muda memiliki potensi yang luar biasa untuk berkembang dan menjadi unggul dalam berbagai bidang, namun tetap dengan sikap yang santun dan berkepribadian baik.

Mustakim memandang penting untuk membangun generasi muda yang tidak hanya sukses secara individu, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai sopan santun dan etika dalam berinteraksi dengan sesama.

dan Kepemimpinan

Mustakim telah melewati perjalanan yang beragam untuk mempersiapkan dirinya sebagai seorang pemimpin. Ia mengenyam agama sejak dini melalui Madrasah dan menyelesaikan Menengah Atas di Sekolah Menengah Kejuruan dengan Perdagangan.

Kemudian, ia meraih gelar Sarjana Psikologi dengan predikat Cum Laude dari Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta.

Selama masa studinya di Yogyakarta, Mustakim aktif dalam berbagai organisasi mahasiswa. Ia mendirikan Kelompok Studi Mahasiswa Psikologi Industri dan Organisasi yang aktif dalam melaksanakan kegiatan diskusi dengan mengundang pembicara akademisi dan praktisi dari berbagai bidang.

Setelah menyelesaikan studinya, Mustakim memulai karir profesionalnya di berbagai perusahaan, terutama di bidang sumber daya manusia dan pertambangan.

Keterlibatannya di dunia bisnis juga membawanya menjadi Direktur PT Graha Jasa Indonesia, sebuah perusahaan jasa pertambangan.

Partai Golkar

Tak hanya itu, Mustakim juga terlibat dalam dunia politik melalui keanggotaannya di Partai Golkar. Ia telah mengikuti program pendidikan politik yang diselenggarakan oleh , di mana ia meraih prestasi sebagai lulusan terbaik.

Program For Young Political Leader Golkar Institute tersebut bertujuan untuk meningkatkan
kapasitas kepemimpinan, agar dapat menjadi pemimpin transformasional, berintegritas,
memiliki etos kerja yang baik, dan berkomitmen mewujudkan good governance

Keterlibatannya di KOSGORO 1957 sebagai Wasekjend PPK dan Badan Saksi Partai Golkar menunjukkan komitmennya dalam memajukan partai dan masyarakat.

Meskipun memiliki segudang kesibukan, Mustakim tetap semangat dalam mengejar ilmu. Ia masih aktif sebagai mahasiswa Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Bung Karno Jakarta, memperluas pengetahuannya dalam bidang hukum.

Dengan pengalaman profesional, pendidikan yang solid, dan semangat kepemimpinan yang kuat, Mustakim siap untuk memimpin dengan hati, berintegritas, dan mendorong kolaborasi di DPR RI.****