Tuturan id – Bulan Muharram memiliki makna dan keutamaan tersendiri dalam tradisi Islam. Muharram yang merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah juga merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, bersama dengan Rajab, Dzul-Qa'dah, dan Dzul-Hijjah. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyebutkan keutamaan bulan Muharram dalam Surah At-Tawbah (9:36).

Selain itu salah satu Peristiwa penting yang terkait dengan Muharram adalah Hijrah, yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hijrah ini juga menandai awal dari penyebaran Islam dan pembentukan masyarakat yang kuat di Madinah.

Bulan Muharram juga dijadikan sebagai momentum Refleksi dan pembaharuan. Bagi banyak umat Muslim, 1 Muharram juga menjadi waktu untuk merenung dan memulai kembali komitmen mereka terhadap agama dan perbaikan diri. Ini mungkin melibatkan menetapkan tujuan baru, meningkatkan ibadah, dan berupaya meningkatkan kesadaran diri spiritual.

Dalam rangka menyemarakkan 1 Muharram 1445 H tahun ini, ribuan warga santri berkumpul di lapangan Renon , Rabu 19 Juli 2023 untuk mengikuti gerak jalan santai sebagai salah satu rangkaian peringatan 1 Muharram 1445 H.

Dalam kegiatan itu juga digelar Doa bersama dan berbagai kegiatan lainnya diantaranya pembagian doorprize untuk lebih memeriahkan acara tersebut.

Drs. Masrur Makmur, M.Pd.I yang juga merupakan wakil Majelis Ulama (MUI) , memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan peringatan 1 Muharram 1445 H ini.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT, karena tahun ini kita bisa kembali bersama-sama memperingati 1 Muharram 1445 H, mengingat beberapa tahun sebelumnya kita tidak dapat melaksana peringatan seperti ini karena adanya pandemi COVID-19, untuk itu kami juga sangat mengapresiasi panitia penyelenggara serta berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.” kata Masrur Makmur.

Masrur yang juga merupakan Bacaleg DPR RI dari Partai dapil itu, juga berharap kepada masyarakat dan warga santri yang ikut dalam kegiatan ini agar peringatan 1 Muharram 1445 H ini juga dapat dijadikan sebagai momentum introspeksi diri untuk kedepannya bisa lebih baik lagi.

“Selaku warga santri, kami juga berharap dengan peringatan 1 Muharram tahun ini kita bisa bersama-sama mewujudkan Santri hebat dan bermartabat untuk yang lebih kuat,” tambahnya.

“Disamping itu dengan adanya kegiatan ini saya mengajak kepada kita semua untuk senantiasa membangun rasa sadar dan pentingnya peringatan tahun baru islam ini khususnya kepada penurus terlebih lagi kepada santri dan kaum muslim di dan mengharapkan adanya peran santri di berbagai lini dan bisa memperkuat identitas kesantriannya.” terang mantan santri Pesantren IMMIM Makassar itu.

Jalan santai tersebut turut diikuti berbagai organisasi dan lembaga termasuk TKQ, TPQ, Madrasah, hingga pondok pesantren.

Para pesertapun mengaku senang, mengikuti kegiatan ini, selain bersilaturahmi juga bisa sambil berolahraga.

“Kami sangat senang mengikuti kegiatan ini, selain di sini kami bisa saling silaturahmi, juga bisa sambil berolahraga, dan lebih seru lagi karena adanya pembagian doorprize di akhir acara.” ujar salah satu peserta jalan santai Suci Aulia kepada media.****