id, Jatim – Kabupaten Gresik adalah salah satu kabupaten yang terletak di , Indonesia. Kabupaten ini terletak di sebelah barat Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Gresik memiliki luas wilayah sekitar 1.195,79 kilometer persegi dan merupakan salah satu kabupaten terbesar di Jawa Timur.

Kabupaten Gresik memiliki sejarah yang panjang. Pada masa lalu, Gresik merupakan pusat kerajaan Islam di Jawa Timur dan memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di wilayah ini.

Kabupaten ini juga merupakan tempat awal Hindu-Buddha di Indonesia, terlihat dari peninggalan-peninggalan sejarah seperti candi-candi dan situs arkeologi.

Selain memiliki nilai sejarah yang kaya, Gresik juga dikenal dengan berbagai potensi wisata alam dan budaya yang menarik.

Di Gresik cukup banyak tempat-tempat wisata yang populer dan akan sejarah, namun dalam artikel kali ini setidaknya ada 6 tempat wisata yang populer yang sempat Mimin ulas untuk dapat menjadi buat kamu bisa kunjungi saat berada di Kabupaten Gresik antara lain:

  1. Pantai Bawu

Pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Pantai Bawu juga dikelilingi oleh hutan bakau yang hijau, menciptakan pemandangan yang menarik.

  1. Kampung Tridi

Sebuah kampung yang dihiasi dengan mural-mural 3D yang menarik. Kampung Tridi menawarkan pengalaman berjalan-jalan melalui jalan-jalan yang dipenuhi seni.

  1. Pantai Boom

Pantai dengan pemandangan yang menawan dan ombak yang cukup tinggi. Pantai Boom terkenal sebagai tempat yang cocok untuk berselancar.

  1. Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Lokasinya yang tersembunyi di tengah hutan memberikan suasana yang alami dan sejuk.

  1. Candi Wringin Blitar

Situs sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi ini merupakan kompleks candi dengan beberapa struktur candi yang masih tersisa.

  1. Taman Safari Indonesia II Prigen

Meskipun secara administratif berada di Kabupaten Pasuruan, Taman Safari Indonesia II Prigen cukup dekat dengan Gresik dan menjadi salah satu destinasi populer di Jawa Timur. Di sini, pengunjung dapat menikmati safari melihat berbagai liar seperti singa, harimau, jerapah, dan masih banyak lagi.

Selain wisata alam, Gresik juga terkenal dengan berbagai kuliner khasnya. Beberapa kuliner khas Gresik yang patut dicoba antara lain Nasi Grombyang, Rujak Cingur, dan Tahu Telur Gresik.

Kabupaten Gresik juga merupakan pusat industri dan perdagangan yang penting di Jawa Timur. Di sini terdapat berbagai perusahaan manufaktur, terutama dalam sektor petrokimia, perkapalan, dan industri .

Demikianlah gambaran tentang Kabupaten Gresik. Kabupaten yang memiliki kombinasi antara sejarah, wisata alam, budaya, dan potensi ekonomi yang membuatnya menarik untuk dikunjungi atau dijelajahi.****