Tuturan id – Bakal Calon presiden (Bacapres) yang diusung oleh Perjuangan dan PPP, Hanura Ganjar Pranowo akan segera mendeklarasikan Bacawapres yang akan mendampingi nya di pilpres 2024 nantinya.

Adapun isu nama-nama yang bakal mendampinginya Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden saat Pilpres 2024, mengerucut ke lima nama yang ia komentari.

Nama pertama ialah yang saat ini menjabat sebagai Menko Polhukam.

Lalu, kedua ia sampaikan Sandiaga Uno yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Berikutnya, Menteri BUMN Erick Thohir, eks Jawa Barat Ridwan Kamil dan Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Ganjar, nama-nama yang beredar sebagai nya itu memang ideal, karena seluruhnya memiliki pengalaman di dunia pemerintahan.

Akan tetapi, ketika ditanya secara spesifik tentang sudut pandangannya terhadap dan Sandiaga, Ganjar mengatakan keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Namun Ganjar mengakui kedekatan dengan keduanya.

“Pak Mahfud pernah di kampus. Pak Mahfud dibanding Pak Sandi di dunia pendidikan saya kira Pak Mahfud lebih banyak tampil, tapi kalau di dunia usaha Pak Sandi kayaknya lebih hebat. Jadi dua-duanya orang yang punya pengalaman, dan dua-duanya saya dekat,” ungkap Ganjar saat menyambangi Gedung Transmedia, Jakarta, Senin lalu.

Bukan hanya Sandiaga dan Mahfud, ada juga sosok Khofifah yang masuk kandidat kuat Ganjar.

“Semua masih, semua masih. Semua punya kesempatan yang sama, tinggal komunikasinya saja. Biarkan para pengambil keputusan yang sudah diberikan kewenangan berbincang terlebih dahulu. Nanti at the end pasti akan diumumkan dan saatnya nanti pasti saya diajak. Yang cocok satu visi,” terang Ganjar di sela-sela acara Rakernas IV PDIP, Jumat (29/9).

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengatakan pendamping bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 segera diumumkan. Pengumuman sosok Ganjar ini bakal disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Terkait dengan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar sudah mengalami kajian yang mendalam tinggal menunggu momentum yang tepat nantinya akan diumumkan oleh Ibu Megawati,” kata Hasto.

Hasto menyebut sosok bakal Ganjar juga sudah didiskusikan secara mendalam oleh para Ketum Parpol koalisi. Dia mengatakan Megawati juga sudah beberapa kali berdialog dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal nama cawapres Ganjar.***(Nov)