Tuturan id RI yang juga ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan bakal calon wakil presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo tersisa 5 kandidat. Puan menjabarkan kelima nama yakni Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Menparekraf , , Ketua DPP Demokrat AHY dan Menteri Erick Tohir.

“Pak Sandiaga, Pak Erick Thohir, Pak Andika, Mas AHY, Cak Imin,” sebut Puan saat menghadiri Harlah PKB ke-25 di Stadion Manahan Solo.

Puan menyebut, tadinya ada sekitar 10 kandidat cawapres, namun kini telah mengerucup ke 5 nama yang telah disebutkan.

Pada Pilpres kali ini, Ganjar dinilai memiliki posisi kuat, karena secara resmi sudah mengantongi dukungan dari politik, yakni PDI Perjuangan, Hanura, PPP dan Perindo.

Namun Nama-nama disebut Puan memang beberapa masih diluar koalisi pengusung Ganjar. Misalnya yang tetap masuk sebagai kandidat meskipun punya kedekatan dengan PKS. Begitu juga dengan Cak Imin sebagai ketua DPP PKB yang sudah membentuk koalisi bersama untuk mengusung Prabowo sebagai Bacapres.

Terpisah Menteri Agama Gus Yaqut beberapa hari yang lalu menyebut semua tokoh memiliki prestasi dan reputasi yang tinggi hingga level Internasional. Misalnya kata Yaqut, Erick Thohir punya pengalaman di Pemerintahan dan luar Pemerintahan dan Andika yang dikenal memiliki karakter kuat, bersih, humble, tegas.

Kriteria Wapres Pilihan Ganjar

Ganjar sendiri sebagai Capres dari PDIP pernah mengungkapkan kriteria sebagai bakal calon pasangannya mengikuti kontestasi pemilihan Presiden dan wakil Presiden di 2024 nanti, yaitu pribadi yang enerjik dan bisa mengeksekusi pekerjaan. 

“Maka konteks itu kami harapkan si wapres ini orang yang energik, orang yang sevisi, terus orang yang bisa mengeksekusi beberapa pekerjaan. Tentu itu setelah mendapatkan keputusan atau sesuai dengan janji politik, setidaknya sesuai di bawah perintah presiden,” sebut Ganjar di Acara IDE Conference yang berlangsung di Hotel Kempinski, , Kamis, 20 Juli 2023. *