Tuturan id – Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi nama terakhir yang baru saja bergabung dalam koalisi pendukung Prabowo untuk pemilihan presiden 2024 mendatang.

Setelah sebelumnya Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terlebih dahulu mendeklarasikan dukungan ke Prabowo dan membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang kemudian disusul oleh Partai Bintang (PBB).

Golkar dan PAN bergabung, terjadi saat kedua Partai tersebut menyatakan ikrar dalam deklarasi dukungan kepada Prabowo yang digelar di Museum Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

Deklarasi ini dihadiri sejumlah petinggi Partai koalisi diantaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN dan Ketua Umum Golkar Hartarto, serta sejumlah petinggi dari masing-masing partai pengusung.

Deklarasi ini diawali dengan penyampaikan langsung dukungan kepada Prabowo oleh Ketua Umum Golkar Hartarto.

“Memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden Republik Indonesia 2024-2029,” dalam sambutannya.

Ketua Umum PAN yang didampingi Ketua PAN DKI Eko Patrio dan Ketum BM PAN Sigit Purnomo Said atau Pasha, Ketua DPW PAN , Ahmad Rizki juga membacakan dukungan terhadap Prabowo Subianto.

“Memutuskan memberikan dukungan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal Prabowo Subianto,” Zulhas membacakan pernyataan dukungannya.*