Tuturan id – Satu-persatu partai politik () kini menentukan sikapnya untuk salahsatu paslon Capres-Cawapres pada mendatang

Usai didukung 5 partai, yakni Gerindra, PBB, Golkar, PAN, PKB (yang kemudian hengkang dan bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan), kini giliran Partai Gelora Indonesia resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai Capres di .

Hal itu ditandai dengan diserahkannya surat dukungan oleh Ketua Umum Gelora Muhammad Anis Matta kepada Prabowo Subianto pada acara deklarasi Partai Gelora Indonesia Prabowo sebagai Capres , di Jakarta, Sabtu (2/9 /2023).

“Saya ingin menyebut Pak Prabowo sebagai man of the moment yang membuat kami di Partai Gelora dan partai-partai di koalisi beliau,” kata Anis Matta.

Menurutnya Partai Gelora lahir di tengah-tengah krisis dan lahir dengan satu mimpi menjadi solusi dari krisis itu. Untuk itu, partainya mencari sekutu.

“Deklarasi ini merupakan perjodohan Partai Gelora dan Pak Prabowo dan teman-teman koalisi lainnya untuk mengantarkan Indonesia menavigasi Indonesia melalui krisis yang rumit,” kata Anis Matta, dikutip antaranews.

Anis Matta berharap dukungannya kepada Prabowo itu dapat menjadi awal unyuk sebuah kerja sama yang lebih kuat ke depannya.

“Deklarasi ini permulaaannya. Mudah-mudahan setelah ini, di tengah ketidakpastian format koalisi, Pak Prabowo mendapat tambahan sekutu yang bisa dipercaya dan bisa diandalkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Anis Matta juga turut menyinggung mundurnya PKB dari Koalisi yang Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

“Hari ini kita menyaksikan peristiwa ada yang datang, ada yang pergi dalam koalisi. Tetapi, saya ingin mengatakan kepada Pak Prabowo dan teman-teman partai koalisi lainnya mudah-mudahan yang baru saja datang ini adalah sekutu yang bisa dipercaya,” kata Anis Matta dalam pidatonya.

Dengan hengkangnya PKB dari Koalisi Indonesia Maju, dan memutuskan bergabung bersama Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), kini Prabowo Subianto, didukung oleh partainya sendiri Gerindra, PAN, Golkar, Partai Bulan Bintang, serta Partai Gelora Indonesia, bersama-sama dalam Koalisi Indonesia Maju.***(ar)