Tuturan id – Partai Buruh dulu digadang-gadang akan mendukung Bakal calon presiden () Perubahan untuk Persatuan () Anies Baswedan dipilpres 2024.

Akan tetapi nama Anies Baswedan yang sempat masuk sebagai salah satu nama Capres yang dipilih Partai Buruh berdasarkan rapat kerja nasional (Rakernas) Februari 2023 lalu justru saat ini hilang.

“Dari masa pencermatan, nama Anies dieliminasi oleh rapat presidium berdasar organ struktur partai dan organ pendiri partai. Kalau organ struktur lebih ke pengurusan dan KTA, organ pendiri lebih ke serikat buruh petani,” ungkap Said Iqbal dalam jumpa pers di kantornya Kramatjati, Timur, Rabu (13/9/2023).

Namun, muncul nama lainnya yang di luar perkiraan justru masuk, yakni Akademisi Rocky Gerung hingga Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Masuknya kedua nama itu berdasarkan sejumlah proses diantaranya proses pencermatan hingga rapat presidium pada tanggal 11 September 2023 lalu.

“Akhirnya muncul capres partai buruh, Ganjar didukung 12 , Prabowo Subianto 12 , rupanya Ganjar dan Prabowo di internal buruh ini populer. kemudian Said Iqbal 8 , Najwa Shihab 2 , Rizal Ramli 2 provinsi, Rocky Gerung 2 provinsi. Partai buruh bebas-bebas aja tergantung anggota,” tuturnya.

Dua nama awal merupakan Capres yang sudah diusung oleh Partai, sedangkan empat nama lain merupakan calon alternatif jika Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan aturan presidential threshold sebesar 20%. Nama Prabowo Subianto bahkan semula tidak masuk sebagai orang yang bakal didukung di Pilpres 2024.

Sedangkan untuk nama bursa Cawapres tidak banyak mengalami perubahan. Semula Partai Buruh memberi dukungan terhadap Ketum Kadin Arsjad Rasjid, Menkopolhukam , Presiden KSPI Said Iqbal serta Jurnalis Najwa Shihab.

“Cawapres tidak banyak berubah tapi ada bertambah, Arsjad Rasjid 14 provinsi, Said Iqbal 7 provinsi, 7 provinsi, Najwa Shihab 4 provinsi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ternyata jadi salah satu Cawapres Partai Buruh 4 provinsi dan ibu Susi Pudjiastuti 2 provinsi, total 38 provinsi,” serunya.***(nov)