Tuturan id – Direktur Survey & Polling Indonesia, Igor Dirgantara menilai tentang Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto yang semakin menjadi pilihan masyarakat dalam menatap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pasalnya, Prabowo Subianto yang selaku Menteri Pertahanan ini memiliki program pro rakyat yang jelas untuk masyarakat Indonesia.

Adapun diantaranya yang jadi program pro rakyat pada pemilu 2024 adalah program penciptaan lapangan kerja melalui bantuan stimulus pembukaan usaha dan makan minum susu untuk anak-anak sekolah di Indonesia.

“Prabowo punya banyak program yang berpihak ke anak muda seperti penciptaan lapangan kerja, dan susu gratis bagi anak sekolah, dan lain-lain,” ujar Igor saat dihubungi, Rabu (01/11).

Dengan adanya program pro rakyat yang dimiliki, bisa diyakini jika Prabowo semakin banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat, khususnya generasi muda yang merupakan para pemilih rasional. Di mana para pemilih muda adalah pemilih yang melihat program seorang capres realistis atau tidak.

Selain itu, Igor mengatakan banyaknya pemilih muda yang mendukung Prabowo mampu membawa kemenangan di Pilpres 2024. Apalagi jumlah pemilih muda saat ini sangat banyak melebih jumlah mayoritas masyarakat Indonesia.

Igor menambahkan, jumlah Gen Z yang terbilang mendominasi yakni sebesar 47 juta dan milenial sebanyak 69 juta. Jika ditotal menjadi 116 juta jiwa, jumlah tersebut melebih 50 persen masyarakat Indonesia.

Para pemilih muda juga memiliki tingkat kepuasan yang tinggi pada kinerja pemerintah era Jokowi. Prabowo yang merupakan bagian dari pemerintahan Presiden Jokowi pun mendapatkan modal tambahan dalam menghadapi Pilpres 2024 karena pemilih muda mencari yang mampu melanjutkan pemerintahan saat ini.

Apalagi ditambah dengan Prabowo yang memutuskan untuk mengangkat Walikota Solo Rakabuming Raka sebagai cawapres. Hal ini semakin menguatkan citra Prabowo yang akan meneruskan program dan kebijakan pro rakyat pemerintahan saat ini.

“Approval rating pemerintah Jokowi 70-80 persen saat ini dan sangat bagus. Otomatis mereka melihat continuity ada pada pasangan Prabowo-,” ujar Igor.

Terakhir, berkat citra pro rakyat yang dimiliki oleh Prabowo, tingkat keterpilihan yang dimiliki juga sangat tinggi. Terbukti dalam hasil terbaru dari Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023 Prabowo menjadi capres top of mind masyarakat dengan angka 28,8 persen.

Sedangkan pesaingnya yakni Capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo mendapatkan angka 24,6 persen dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Baswedan di angka 14,6 persen. Kemudian Prabowo bersama pasangannya yakni juga berhasil menyerap mayoritas dukungan masyarakat.

Terlihat dari simulasi tiga pasangan, duet Prabowo- menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. Duet Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut terekam memiliki elektabilitas tertinggi di angka 36,2 persen.

Sedangkan pasangan koalisi PDIP Ganjar – Mahfud MD harus puas di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 32,8 persen. Kemudian di tempat terakhir terdapat pasangan KPP – Muhaimin Iskandar yang mendapatkan elektabilitas sebesar 21,0 persen.***