Tuturan id – Sejumlah relawan Pro Jokowi (Projo) yang berasal dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) wilayah Jakarta Utara, Selatan, dan Timur, memilih langkah berbeda dari ketua Relawan Projo Arie Budi yang resmi mendeklarasikan kepada Prabowo Subianto.

Sejumlah relawan Projo ini memilih berbalik kepada Prabowo Subianto dan lebih pilih deklarasi kepada Pranowo di hari yang sama.

Kendati tersebut, 3 DPC Projo ini mengungkapkan alasan mereka memilih untuk mendukung bakal calon presiden (capres) Pranowo di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Ini justru berbanding terbalik dengan hasil Rakernas Projo pada Sabtu (14/10/2023) lalu.

Dalam Rakernas Projo, mendeklarasikan untuk mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Ketua Umum Projo, Budi Arie menuturkan pelaksanaan rakernas tersebut merupakan langkah awal Projo untuk memenangkan Prabowo pada pilpres mendatang.

“Ia () telah terbukti mampu mengelola Provinsi Jateng dengan baik, mengimplementasikan kebijakan yang berpihak pada rakyat, dan memajukan sektor ekonomi serta pembangunan infrastruktur,” kata Ketua DPC Projo Jakarta Selatan Herri Purwanto mewakili dua DPC lainnya dalam deklarasi yang digelar di Rumah Aspirasi , Jakarta, Ahad (15/10/2023).

Herri juga menyebut bahwa Ganjar adalah seorang pemimpin yang tegas, jujur, bersih, berani dan bernyali dalam mengambil keputusan dan memiliki rekam jejak kepemimpinan atau track record yang bagus. Ganjar dinilai mengerti birokrasi, berani membuat keputusan, dan bisa membuktikan program-program yang dijalankan memiliki track record jelas.

Selain itu menurut dia, Ganjar adalah sosok yang konsisten dalam menjalankan prinsip-prinsip moral dan etika berdasarkan keyakinan agama, serta berwawasan luas dan pemahaman mendalam tentang kultur Indonesia serta pluralitas agama dan budaya.

“Hal itu penting untuk menciptakan harmonisasi dan keadilan sosial di negara yang memiliki keberagaman seperti Indonesia, pemimpin yang berpegang pada nilai-nilai, Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jateng itu juga disebut Herri lahir dari keluarga sederhana dan dibekali dengan jiwa nasionalis, merakyat dan rendah hati.

Ganjar Pranowo sebagai penerus Joko Widodo lahir dari rahim yang sama sebagai PDI Perjuangan (), diharapkan mampu meneruskan sejumlah program yang telah digagas oleh Jokowi selama masa kepemimpinannya.

“Ganjar tidak egois dan memiliki karakter unik, disukai oleh banyak orang, bahkan beliau mewariskan gaya dan semangat seperti Presiden Joko Widodo, dan kami harapkan juga bisa meneruskan program Pak Jokowi,” ucapnya.

Sebelumnya, organisasi relawan Pro Jokowi (Projo) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) wilayah Jakarta Utara, Selatan, dan Timur, mendeklarasikan dukungannya kepada bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.***(Nv)