Tuturan Id – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kedekatannya dengan tiga calon presiden yang akan maju dalam Pemilu 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran menyatakan bahwa ia merasa dekat dengan Prabowo Subianto, Anies Baswedan, namun yang paling dekat di antara semuanya adalah Ganjar Pranowo.

“Saya dekat dengan semua. Pak Prabowo, Pak Anies, ya. Paling dekat ya sama Pak Ganjar,” kata Gibran saat ditemui di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/7).

Meskipun merasa dekat dengan tiga calon presiden tersebut, Gibran menegaskan bahwa keterlibatannya dalam politik bukanlah dalam rangka mewakili maupun mempresentasikan dukungan dari ayahnya, Presiden Joko Widodo.

“Ya kalau diperintah, ya berangkat, tapi saya tidak mewakili Pak Jokowi.” ujar Gibran tegas.

Di hari itu, Ganjar Pranowo, yang merupakan salah satu bakal calon presiden yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (), Partai Berkarya (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), melakukan safari politiknya dengan blusukan di Pasar Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Dalam blusukannya tersebut, Ganjar tampak ditemani oleh Gibran Rakabuming Raka, yang juga merupakan kader . Turut hadir pula Wali Kota Bogor Arya dan Politikus Adian Napitupulu.

Masyarakat dan di Pasar Citeureup terlihat antusias menyambut kedatangan Ganjar. Banyak dari mereka yang rela berdesak-desakan hanya untuk berfoto atau sekadar menyapa Jawa Tengah tersebut.

Selama blusukan, Ganjar pun berbincang-bincang dengan sejumlah , beberapa di antaranya mengeluhkan kenaikan harga barang.

“Sudah Rp 46 ribu Pak, sudah naik (harga ayam),” ungkap salah satu pedagang ayam yang ditemui Ganjar Pranowo.

Tidak hanya di Pasar Citeureup, sebelumnya Ganjar Pranowo juga telah melakukan safari politik di wilayah Bogor, Jawa Barat, pada hari yang sama.

Politikus Adian Napitulu mengatakan bahwa Gibran Rakabuming Raka akan mendampingi Ganjar dalam blusukan di pasar tersebut setelah keduanya menjalankan lari pagi.

Gibran telah ditunjuk oleh PDIP sebagai juru kampanye (jurkam) untuk mendukung Ganjar di Pilpres 2024. Selain Gibran, PDIP juga melatih anak Ketua DPP PDIP Puan Maharni, Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari; dan anak Ganjar, Alam Ganjar, menjadi jurkam.

Mereka dipilih untuk merepresentasikan anak-anak muda, terutama Generasi Z, dalam dunia politik dan kehidupan bernegara.

, Hasto Kristiyanto, menyatakan bahwa yang dilatih akan menjadi jurkam adalah anak-anak muda yang berdisiplin dan kreatif dalam menampilkan prestasi, kinerja, dan rekam jejak Ganjar Pranowo.

PDIP memperkenalkan para kandidatnya kepada publik melalui pendampingan dari para generasi muda yang berpotensi menjadi wajah baru dalam dunia politik Indonesia.****