Tuturan id – Politikus Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan jika nama Putra Sulung Presiden Joko Widodo, Rakabuming Raka merupakan kandidat cawapres pendamping Bacapres Prabowo Subianto terfavorit, dipilpres 2024.

Ia menjelaskan nama lebih favorit ketimbang Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto maupun Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

“Memang harus jujur saya sampaikan, termasuk nama yang mendominasi di antara calon-calon yang lain,” ucap Riza dalam acara Political Show, Senin (25/9/) malam.

Diketahui, Riza merupakan Ketua DPD Gerindra ia mengatakan sosok memiliki dan popularitas yang tinggi.

Akan tetapi, usia Gibran yang masih muda dan besarnya ceruk milenial di Pemilu 2024 menjadi alasan Putra Jokowi itu diperhitungkan.

“Kedua memang juga milenial, Z mendominasi tidak kurang dari 52 persen,” imbuhnya.

Dengan demikian, Riza mengatakan Gibran terhalang batas usia minimal cawapres. Dalam UU Pemilu, batas minimal capres-cawapres yang bisa didaftarkan ke KPU adalah 40 tahun.

Saat ini, pasal yang mengatur batas usia itu tengah diuji materi oleh Mahkamah Konstitusi.

“Terkait konstitusi. Mas Gibran masih terhalang oleh batas usia, sekarang memang ada Judicial Review. Apapun keputusannya, kita hormati,” ucapnya.

Riza mengatakan Gerindra juga menghormati Gibran yang saat ini masih berstatus kader PDIP.

“Kita hormati posisi Mas Gibran di PDIP. Apalagi hubungan Pak Prabowo dengan Ibu Megawati sangat baik. Hubungan PDIP dengan Gerindra sangat baik. Jadi kami saling menjaga satu sama lain,” ungkapnya.

Saat ini Prabowo Subianto telah mendapat dukungan dari Gerindra, Golkar, PAN, PBB, Demokrat, Gelora dan Garuda sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Belum ada cawapres yang ditentukan. KPU pun baru membuka masa pendaftaran capres-cawapres pada Oktober mendatang.***(Nov)