– Bakal calon presiden (bacapres) fraksi PDIP Ganjar Pranowo, berkomitmen akan melanjutkan pelaksanaan proyek Ibu Kota Nusantara () yang telah diinisiasi oleh Presiden Jokowi.

Dilansir dari akun pribadinya Senin (9/10/2023), Ganjar menunjukkan tekadnya untuk meneruskan semua proyek yang telah dimulai oleh pemerintahan sebelumnya, termasuk yang menjadi perhatian utama publik.

Ganjar menekankan pentingnya mewujudkan konsep smart city di wilayah .

Menurutnya, sekitar 70% dari wilayah akan diperuntukkan sebagai area , yang akan menjadi tempat untuk kegiatan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Selain itu, ia juga berkomitmen untuk memenuhi 80% kebutuhan energi di IKN melalui sumber energi terbarukan, sebagai langkah strategis dalam keberlanjutan dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Ganjar menggambarkan IKN sebagai contoh nyata dari konsep smart city, di mana semua layanan publik akan diselenggarakan dengan menggunakan teknologi canggih.

Sebagai contoh, ia menyebutkan bahwa dalam IKN, proses administratif seperti pembuatan akta kelahiran dan akta nikah akan dilakukan tanpa kertas, menggunakan teknologi digital yang efisien.

Ganjar juga mewajibkan penggunaan energi bagi kendaraan yang beroperasi di IKN, sebagai langkah untuk mendorong penggunaan kendaraan berkelanjutan dan mengurangi udara, pungkasnya.**(Sw)