Tuturan id – Nama Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang juga selaku walikota Solo disebut telah siap untuk menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Kesiapan Gibran maju jadi Prabowo mulai menguak usia adanya usulan dan secara besar-besaran dari partai Golkar pendukung Bacapres Prabowo Subianto di pilpres 2024.

Namu, perlu kita ketahui jika Gibran Rakabuming Raka merupakan kader dari partai berlambang banteng moncong berwarna putih (PDIP) dibawah kepemimpinan Ketua Umum .

Untuk itu, melalui Ketua DPP PDIP, Maharani menyebut jika Gibran juga telah pamit kepada partai melalui dirinya dalam pertemuan pada Jumat (20/10) malam. Menurut , Gibran telah mengutarakan niatnya maju di kontestasi Pilpres 2024.

“Semalam sudah ketemu sama Mas Gibran, yang mana Mas Gibran menyampaikan bahwa ada kemungkinan akan ikut dalam kompetisi dan kontestasi Pilpres [2024],” kata di Surabaya, Sabtu (21/10).

Sehari setelahnya, usai tiba di Jakarta, Wali Kota Solo itu juga langsung terlihat di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat tak lama setelah Airlangga Hartarto mengusulkan namanya sebagai Prabowo.

Dukungan Golkar kepada Gibran merupakan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai tersebut yang digelar di hari yang sama. Airlangga menyinggung Gibran menyerupai Sutan Sjahrir, seorang tokoh pergerakan RI yang menjadi Perdana Menteri di usia 36 tahun.

“Mengusulkan dan mendukung mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan sebagai bakal calon presiden RI,” ucap Airlangga.

Gibran juga telah bertemu para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo Subianto yang lain. Mulai dari Ketua Umum PAN Zulkilfli Hasan, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan teranyar Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sementara di acara Rapimnas Golkar, Gibran tak banyak bicara. Dia mengatakan usulan Partai Golkar agar dirinya menjadi cawapres akan terlebih dahulu dibicarakan dengan Prabowo. Dia mengucapkan terimakasih kepada Golkar yang telah mendukung dirinya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Partai Golkar,” katanya.

Presiden Joko Widodo telah angkat merespons dukungan kepada putranya menjadi cawapres Prabowo. Sebagai orang tua, dia mengaku hanya bisa mendoakan dan merestui keputusan yang telah diambil Gibran.

Jokowi mengatakan bahwa Gibran sudah dewasa dan dirinya tak punya hak mencampuri urusan anaknya.

“Ya orang tuanya hanya tugasnya mendoakan dan merestui,” kata Jokowi usai menghadiri Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10).

Sementara itu, Juru Bicara Bacapres Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut Partai Gerindra akan menggelar Rapimnas pada Senin (23/10) untuk menentukan calon wakil presiden sekaligus mengumumkannya.

Selanjutnya, kata Dahnil, Prabowo bakal mendaftar pencalonannya di Pilpres 2024 ke KPU pada Selasa (24/10) mendatang.

“Insya Allah hari ini ada rapat, besok ada Rapimnas di Gerindra. Kemudian setelah Rapimnas akan diumumkan langsung siapa calon wakil presiden. Dan Insya Allah hari Selasa kita akan mendaftar ke KPU,” ujar Dahnil dalam acara Nasional Posko Nasional Prabowo di Jakarta Selatan, Minggu (22/10).***(Nov)