– Putri ke-4 Almarhum Abdurrahman Wahid atau sering dikenal dengan nama Gus Dur, Yenny Wahid, resmi mendeklarasikan dukungan ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat pada Jumat (27/10/2023).

Yenny yang memimpin organisasi Barisan Kader (Barikade) Gus Dur menjelaskan alasan utamanya mendukung pasangan karena kedekatan perasaan. Dia menerangkan, pihaknya sangat kenal dengan bakal cawapres Mahfud MD.

“Karena kedekatan roso tersebut, kedekatan hati, maka kami Barisan Kader Gus Dur menyatakan dukungan ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” ujar Yenny dalam konferensi persnya.

Sebelum mendeklarasikan dukungan, Yenny mengaku sudah melakukan sejumlah perjalanan untuk menyerap aspirasi terutama kepada para pengikut ajaran Gus Dur. Menurutnya, pada umumnya mereka ingin keberlanjutan program pemerintahan ().

“Dengan kata kunci keberlanjutan program, maka dalam proses diskusi pilihan kami mengerucut,” ujar Yenny.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini mengaku tidak mudah menentukan pilihan sebab dia yakin semua pasangan punya program untuk membuat Indonesia maju.

Walau begitu, usai Mahfud dipilih menjadi cawapres pendamping Ganjar, pihaknya mantap menetapkan pilihannya. Menurutnya, Mahfud merupakan anak ideologis Gus Dur.

“Prof Mahfud MD adalah orang yang dekat dengan kami, beliau adalah kader NU dan Gus Dur,” ungkapnya.

Bahkan, lanjutnya, Gus Dur memang menitipkan pesan ke Mahfud untuk menegakkan di Indonesia. Selama ini, Yenny juga meyakini Mahfud selalu memperjuangkan pluralisme atau keberagaman seperti yang diajarkan Gus Dur.

Oleh sebab itu, Yenny bersama Barikade Gus Dur akan mendukung pasangan untuk memenangkan ajang pemilihan presiden pada tahun depan.***(Nov)