– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjadi kampus berikutnya menyusul menantang Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Subianto untuk melakukan debat terbuka atau bertukar pendapat di Kampus Mereka.

Sebelumnya, BEM UI terlebih dahulu mengundang bakal calon presiden mulai dari Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Subianto mendatangi kampus guna melakukan debat.

“Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden dan bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu,” ujar Ketua BEM UI Melki Sedek Huang melalui keterangan tertulis, Senin, 21 Agustus 2023.

Anies Baswedan menjadi kandidat Capres pertama yang menyatakan kesiapannya menerima debat dari Mahasiswa. Anies mengaku bersedia untuk meladeni debat yang akan membedah visi-misi yang diusungnya pada Pilpres 2024 ini.

 “Yuk, kapan?” tulis Anies di akun Twitter-nya @aniesbaswedan, Senin, 21 Agustus 2023

Sementara Ganjar Pranowo menyatakan masih terlalu dini untuk membahas soal debat capres.

“Debat opo. Sabar, wong belum apa-apa kok debat, sabar,” kata Ganjar saat menghadiri kegiatan di UGM, Selasa (22/8/2023).

debat dari kedua kampus besar di Indonesia untuk membedah visi-misi yang diusungnya pada Pilpres 2024, menarik untuk ditunggu. Hal ini mengingat 56 persen pemilih merupakan kalangan millenial dan gen Z, yang dikenal lebih kritis sama calon presiden.

Apalagi hal ini kini bisa saja terjadi, mengingat larangan ‘'-dalam tanda kutip di tempat pendidikan dan fasilitas pemerintahan secara resmi dicabut melalui putusan Konstitusi (MK) pada 15 Agustus 2023 yang lalu.(bee)****