– Para publik hingga saat ini masih penasaran dengan cawapres yang akan mendampingi Bacapres Ganjar Pranowo di 2024.

Tak sedikit publik kepo dengan cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di pemilu tahun 2024 nantinya.

Untuk mengurangi rasa penasaran para publik mengenai sosok cawapres idaman Megawati yang dinilai cocok dampingi Ganjar Pranowo di nantinya, tuturan.id disini akan mengulas tentang sosok cawapres Ganjar.

Pada akhir-akhir ini terkuak di berbagai jejaring jika PDIP sudah mulai membuka diri mengenai kandidat calon wakil presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo. Ternyata tak disangka jika ciri-ciri sosok cawapres idaman Megawati seperti ini.

Berdasarkan yang disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan jika sangat memungkinkan telah muncul kandidat tokoh baru yang akan pendamping Ganjar Pranowo. Namun saat ini sudah ada lima nama yang mengerucut.

“Ya di luar nama-nama survei yang sudah beredar juga bisa muncul suatu tokoh baru. Meskipun nama yang dikerucutkan lima,” ujar Hasto dalam keterangannya, Minggu (10/9/2023).

Ada 5 nama beredar yang masuk bursa Cawapres pendamping Ganjar yang sebelumnya sudah diungkap yakni, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, Erick Thohir, Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Nama Muhaimin Iskandar sudah dicoret dari daftar karena sudah menjadi cawapres Anies Baswedan.

Akan tetapi, hingga saat ini PDIP belum mengumumkan nama Cawapres Ganjar. Hasto kemudian mengungkapkan sosok Cawapres Ganjar nantinya.

“Sosok ini bisa saja selama ini tidak dilirik, namun memiliki rekam jejak membangun Indonesia secara progresif,” imbuhnya.

Hasto mengatakan jika kriteria cawapres Ganjar harus solid, memiliki visi misi yang sama, dan berkomitmen mempercepat kemajuan Indonesia.

“Yang penting solid, kompak, kemudian memiliki visi-misi yang sama terhadap masa depan. Tanggung jawab yang sama, komitmen juang yang sama, dan saling melengkapi,” kata dia.

Selanjutnya, Hasto belum memberikan kepastian nama figur cawapres Ganjar secara gamblang. Ia mengingatkan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Secara empiris 2019 itu kan di luar persoalan elektoral tiba-tiba kan muncul KH Maruf Amin. Sebagai suatu kemungkinan, hal itu bisa terjadi. Apakah 2024 ini akan terjadi hal yang sama kita tunggu tanggal mainnya,” sebutnya.

Selain kelima nama tersebut, ada sejumlah kandidat yang baru masuk radar PDIP. Salah satunya adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah bahkan menjadi salah satu kandidat PDIP untuk meraup suara NU di Jawa Timur.

Selain Khofifah, ada juga nama Ridwan Kamil, Mantan Gubernur Jawa Barat. Terakhir ada nama anak Presiden yaitu Gibran Rakabuming Raka.

Lantas siapakah sosok yang akan dipilih PDIP untuk mendampingi Ganjar di 2024 nantinya?. **(nov)