Tuturan id – Secara bersamaan, kedua Bacapres dari Koalisi yang berbeda mendapat dukungan dari Relawan Projo dibawah naungan Budi Arie.

Diketahui, pada Sabtu (14/10/2023), ketua Projo Budi Arie bersama ratusan relawan resmi mendeklarasikan dan menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden di pilpres 2024.

Namun, ada tiga Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Relawan Pro- (Projo) berbeda dukungan.

Tiga DPC Projo ini lebih memilih menggelar deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, di jakarta.

Deklarasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPC Jaksel Herry Purwanto, Ketua DPC Jakut Nasikin serta Ketua DPC Jaktim Sri Lestari di Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 DPP PDIP, pada Minggu (15/10) sore.

“Kami segenap pengurus DPC Jaksel, Jaktim, Jakut beserta relawan Projo dengan kesungguhan dan kerelaan kami menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden dalam Pilpres 2024,” ujar Herry dalam konferensi pers.

Herry mengaku pihaknya berkomitmen dan akan bekerja maksimal untuk memenangkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden dalam kontestasi Pilpres mendatang.

Ia menjelaskan ada beberapa alasan mengapa pihaknya tidak mengikuti arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Projo untuk ikut mendukung Prabowo Subianto. Pertama, menurutnya Ganjar jauh memiliki reputasi yang lebih baik selama kepemimpinannya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Kedua, Herry menilai Ganjar merupakan pemimpin yang jujur, bersih dan memiliki rekam jejak kepemimpinan atau track record yang bagus.

“Beliau mengerti birokrasi, Beliau membuktikan program-program yang jalan track record-nya jelas ada dan berani membuat ,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menyinggung Ganjar yang disebut sederhana dan merakyat. Ganjar, kata Herry, juga disebut mewariskan gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Terakhir Ganjar Pranowo sebagai penerus Joko Widodo lahir dari rahim yang sama sebagai kader PDIP,” jelasnya.

Lebih lanjut, Herry juga mengaku siap mendapatkan sanksi dari DPP Projo di bawah pimpinan Ketua Umum Budi Arie Setiadi apabila sikap dukungannya terhadap Ganjar akan dipermasalahkan. Ia mengklaim akan tetap memberikan dukungan terhadap Ganjar meskipun nantinya dipecat dari Projo.

“Kami siap menghadapi DPP bila kena sanksi apapun. Walaupun kami dipecat kami siap. Karena itu dari kami semua dan teman-teman yang ada di bawah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Relawan pendukung Presiden , Projo, sepakat mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden Pilpres 2024. Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengatakan hal itu telah disepakati para kader di berbagai daerah.

“Projo sepakat untuk mendukung Pak Prabowo Subianto pada Pilpres 2024,” kata Budi di kediaman Prabowo Subianto, di Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Budi menyebut Projo mencari capres yang bersedia melanjutkan berbagai program pembangunan . Dia menilai Prabowo sebagai yang tepat.

“Kami melihat beberapa hal yang sangat penting, berani, punya nyali dan punya komitmen memajukan dan pantang menyerah. Karena Bangsa Indonesia harus punya pemimpin yang pantang menyerah,” ungkapnya.

Sementara itu Prabowo menyatakan dukungan ini sebagai sebuah kehormatan.

“Ini sebuah kehormatan bagi saya. Kehormatan besar. Kepercayaan saudara-saudara yang berikan kepada saya, saya terima sebagai amanah dan penugasan. Penugasan untuk berbakti pada bangsa dan negara,” kata Prabowo.***(Nov)