– Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta agar seluruh kader Demokrat se-Indonesia untuk berjuang dalam memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Instruksi ini disampaikan AHY kepada seluruh pimpinan dan DPC Demokrat di 38 provinsi untuk menyusun strategi bersama memenangkan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh Ketua dan DPC se-Indonesia, untuk merapatkan barisan, menjalankan mesin kita secara ,” kata AHY dalam keterangan tertulis, dikutip pada Rabu (20/9).

“Serta bersiap dan berjuang memenangkan Bapak Prabowo Subianto, sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029,” imbuhnya.

Selanjutnya, AHY juga menginstruksikan agar seluruh ketua DPD dan DPC Demokrat se-Indonesia menghadiri acara Rapimnas yang bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (21/9) malam.

Ia menegaskan secara resmi akan menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai (MTP) dan mendeklarasikan Demokrat bergabung bersama Koalisi Indonesia Maju () dan mengusung Prabowo sebagai bakal capres dalam acara itu.

Demokrat telah mengantongi keputusan arah koalisi sejak Minggu (17/9) lalu usai MTP melakukan rapat yang dipimpin langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebelum itu, MTP juga telah melakukan rapat awal pada Jumat (1/9).

“Rapat MTP 1 September 2023, yang menjadwalkan dalam waktu tidak lebih dari dua minggu, Partai Demokrat akan menentukan arah koalisi dan capres yang akan diusung,” kata dia.

Selanjutnya, MTP menyerahkan hasil rapat itu kepada AHY yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MTP. Kemudian AHY bersama elite parpol Demokrat serta SBY mendatangi Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, , Minggu (17/9) petang.

Sebelumnya, Demokrat menyatakan dukungan secara informal kepada Bacapres Prabowo Subianto. Dalam kedatangannya, Demokrat juga disambut oleh para elite parpol yang tergabung di . Di antaranya, Ketum PAN , Ketum Airlangga Hartarto, Ketum Partai Gelora Anis Matta, hingga Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana.

“Pada kesempatan tersebut, saya juga menyampaikan soal aspirasi perubahan dan perbaikan yang selama ini diusung oleh Partai Demokrat, kepada Bapak Prabowo Subianto,” lanjut AHY.

AHY menilai rakyat memerlukan perubahan dan perbaikan dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia menegaskan, segala kebijakan yang sudah baik, wajib dilanjutkan; dan segala sesuatu yang belum baik, wajib diperbaiki.

Demokrat, jelasnya, selalu menggemakan aspek perubahan yang menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan dengan keberlanjutan alias berupaya untuk bergerak sesuai slogan ‘continuity and change'.

“Pak Prabowo merespons secara positif. Beliau meyakini bahwa konstanta dalam kehidupan adalah perubahan,” ujar AHY.***(Nov)