id – Perusahaan mobil asal , Kia, baru saja membeberkan model SUV listrik terbarunya Kia EV9 2024. Hal ini dinilai menjadi kebangkitan bagi industri mobil dengan  fitur lengkap dan bersaing di segmennya. 

Mobil listrik tujuh tempat duduk dengan kemampuan pengisian  cepat  standar ini dibandrol Kia dengan 54.900 USD atau setara dengan sekitar Rp 858 juta. 

Kia ​​EV9 2024 disebut-sebut mengusung kabin lega, jok kulit SynTex, velg 19 inci, dan jok eksekutif yang bisa diatur hingga delapan cara dengan pemanas. 

Kendaraan ini ditenagai oleh sinkron magnet permanen halus yang menghasilkan 215 tenaga kuda dan torsi 258 pon-kaki, pasangan. 

“Kami tahu kami harus menetapkan EV9 dengan tepat dan kami yakin pengumuman hari ini akan menjadi peringatan bagi industri,” kata Steven Center, EVP & COO Kia America, dalam pernyataan resmi Kia baru-baru ini. 

Steven mengatakan SUV EV tiga baris yang memiliki kelengkapan fitur baik, tidak harus mahal. Ia harus menawarkan keseimbangan sempurna antara fitur standar, kemampuan pengisian daya cepat, dan dilengkapi dengan teknologi yang dicari pembeli

EV9 akan mulai dijual akhir tahun ini dan akan menjadi model andalan bagi Kia. 

Mobil ini awalnya dibangun di Selatan, namun untuk pasar AS, perakitannya akan dikerjakan di fasilitas produksi Kia di West Point, Georgia, pada tahun 2024. Harga untuk varian Light Long Range, Wind, Land dan GT-Line akan diumumkan nantinya. 

EV9 memiliki desain dominan persegi dan segitiga yang menonjolkan kekakuan overhang pendek dan jarak sumbu roda panjang 122,0 inci. Dengan panjang 197,4 inci pada GT-Line (semua trim lainnya memiliki panjang 197,2 inci), EV9 sedikit lebih panjang dibandingkan SUV Telluride, namun tingginya hampir sama (naik 70,1 inci pada GT). -Line dengan rel atap yang ditinggikan ) dan lebar (77,9 inci). 

Meski berbentuk , EV9 memiliki koefisien drag sebesar 0,28, setara dengan SUV EV mewah lainnya. **(ar)