– Setelah hampir dua pekan ini di kabar sasis motor Honda bermasalah, yakni pada jenis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang banyak disebut mudah karatan hingga patah, akhirnya pihak Honda mulai menawarkan keluhan kepada konsumen.

Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen motor Honda di Indonesia kini menawarkan baru kepasaran. ini dibandrol Rp1,15 juta belum termasuk dengan ongkos pasang, dan pembuatan nomor sasis baru. Kesediaan rangka dapat diperoleh melalui jaringan dealer resmi Honda di seluruh Indonesia.

Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) diklaim lebih ringan 8% dibanding rangka konvesional, karena dibuat tidak menggunakan besi pipa yang dibentuk menjadi rangka seperti pada umumnya. Rangka ini dibentuk dari dua rangkaian pelat baja yang digabung dan kemudian dilas dengan las laser dengan bantuan robot laser (beam welding).

Honda memproduksinya sejak tahun 2019 dan mengadopsi pertama kali ke Honda Genio, kemudian kini diikuti oleh matic honda lain, yakni Scoopy, Vario 160 dan Beat. Rangka ini diklaim honda membuat motor lebih irit dan mnciptakan ruang lebih besar untuk bagasi hingga 18 liter dan tangki bahan bakar yang lebih besar.

Selain menawarkan rangka eSAF baru ke pasaran, Honda juga kini memberikan angin segar dengan menawarkan garansi rangka eSAF dan juga kelistrikan selama satu tahun atau 10 ribu kilometer mana yang lebih dahulu tercapai kepada pemilik skutik yang rusak dan keropos karena karatan.

Hal ini diungkapkan GM Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin di tengah isu keriuhan di soal rangka eSAF yang disebut korosi dan patah.

“Garansi rangka dan sistem kelistrikan selama 1 tahun atau 10 ribu km tergantung mana yang lebih dulu dicapai,” kata Muhibbuddin, Senin (21/8).

AHM sudah secara terbuka perihal isu sasis eSAF ini dengan meminta konsumen yang mengalami masalah pada rangka untuk segera laporkan ke AHASS atau kontak center Astra Honda Motor di 1-500-989 atau WA 0811-9500-989 dan email customercare@astra-honda.com untuk penanganan, dan bantuan secepatnya.(bee)***