id – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi ditunjuk Republik (RI), Joko Widodo sebagai mentan ad interim atau sementara waktu.

Hal itu usai tidak diketahuinya keberadaan Mentan Syahrul Yasin Limpo atau SYL usai kenegaraan dari Eropa yakni Spanyol dan Itali.

Diberitakan sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hilang kontak setelah penggeledahan Komisi Pemberantasan () di rumah dinasnya, beberapa waktu lalu.

Sekarang Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menggantikan sementara posisi Syahrul Yasin Limpo sebagai Mentan Ad Interim.

“Ad interim pasti sebagai pejabat yang memang satu dengan pak Mentan, memang saya ad interim,” ucap Harvick di Kompleks Merdeka, , dikutip tuturani.id (4/10/2023).

Menurutnya, Jokowi telah menginstruksikan kepadanya agar tugas di Kementan tetap berjalan sesuai tugas dan fungsinya, ungkapnya.

“Pak Presiden mengarahkan kita agar tupoksi yang sedang berjalan sesuai tugas masing-masing di Kementerian Pertanian,” sebutnya.

Harvick menerangkan, tentu saja karena ini menyangkut teknis ada lima direktorat , empat badan, satu sekjen, satu irjen. Ini kami harus tetap berjalan tidak boleh berhenti, karena bagian dari pelayanan masyarakat, pungkasnya.