Tuturan Id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan serangkaian gempa susulan yang mengguncang wilayah timur laut Sigi, Sulawesi Tengah, setelah berkekuatan 5,3 mengguncang daerah tersebut pada pukul 08.44 WIB hari ini.

Gempa utama tersebut dirasakan hingga Wilayah Kota Palu, serta , menimbulkan kekhawatiran akan potensi gempa susulan yang dapat dapat terjadi

Berdasarkan Laporan BMKG, pada hari yang sama, tercatat hingga 12 kali gempa susulan yang terjadi pada titik yang juga hampir sama di wilayah Kabupaten Sigi.

Episentrum gempa utama tercatat berada di darat, tepatnya di koordinat 1,19 lintang selatan dan 120,26 bujur timur atau 47 kilometer timur laut Sigi, dengan kedalaman 16 kilometer. Guncangan gempa ini dirasakan dengan cukup kuat dan mengundang perhatian masyarakat setempat dan pihak berwenang.

Menurut dari BMKG, serangkaian gempa susulan telah berlangsung sejak gempa utama terjadi. Gempa-gempa susulan ini memiliki bervariasi, dengan yang terkecil mencapai 2.4 dan yang terbesar mencapai magnitudo 3.9. Pihak BMKG mencatat bahwa seluruh gempa susulan ini memiliki kedalaman yang serupa, yakni sekitar 10 kilometer.

“#Gempa (UPDATE) Mag:5.3, 06-Agu-23 08:44:32 WIB, Lok:1.19 LS, 120.26 BT (Pusat gempa berada di darat 47 km Timur Laut Sigi), Kedlmn:16 Km Dirasakan (MMI) III Palu, III , III-IV ” tulis BMKG pada resmi Twitternya.

“Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi” sambung BMKG.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban akibat serangkaian gempa ini.