Tuturan id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelepasan bantuan untuk korban perang Hama vs Israel yang berdampak pada rakyat Palestina di Halim Perdanakusuma.

Adapun total bantuan yang di kirim untuk rakyat Palestina total 51,5 ton bantuan. Bantuan ini akan dikirimkan ke Palestina lewat Mesir.

“Pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke , ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan 3 , dan berisi 51,5 ton bantuan,” kata Jokowi saat memimpin pelepasan bantuan untuk , Sabtu (4/11/2023).

Jokowi mengatakan bantuan ini merupakan bantuan tahap pertama. Dia menyebut bantuan berisi bahan makanan hingga alat-alat medis.

“Berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di . Dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan,” ucapnya.

Jokowi menyampaikan bantuan ini merupakan solidaritas bersama antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Dia menegaskan ini sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia terhadap Palestina.

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap , karena tragedi kemanusiaan yang ada di tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” ujar dia.***