Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dikerjakan oleh PT Abipraya (Persero) diklaim sudah mencapai 97 persen dan mulai dilakukan pengisian awal untuk suplai air di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Saat ini progres Sepaku Semoi sudah mencapai 97 persen. Sepaku Semoi sendiri dibangun untuk melayani pemenuhan air baku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya,” ujar Direktur Utama Abipraya, Sugeng Rochadi, dalam keterangannya dikutip tuturan.id, Selasa (25/9/2023).

Seremoni proses pengisian awal (impounding) itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo secara simbolis dengan memutar tuas untuk membendung air di tersebut, ujarnya.

Menurutnya, selain berfungsi sebagai penyediaan air baku, bendungan itu memiliki kemampuan mereduksi banjir hingga 232 meter kubik per detik atau sebesar 55 persen untuk Kawasan IKN dan Kecamatan Sepaku, sebutnya.

“Bendungan tersebut akan memiliki kapasitas dua ribu liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik dialokasikan untuk Balikpapan,” katanya.

Selain sedang merampungkan Bendungan Sepaku Semoi, Brantas Abipraya berkomitmen dalam menyediakan air bersih untuk IKN, pungkasnya.***(Sw)