id Joko Widodo () mengunjungi Cak Nun di Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta pada hari Minggu (09/07/2023). Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga mendampingi dalam kunjungan tersebut.

Cak Nun sedang dirawat di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta setelah mengalami pendarahan otak dan tidak sadarkan diri sejak Kamis (06/07/2023). Berdasarkan informasi yang diterima, Cak Nun menjalani perawatan di ruang ICCU RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan, setelah kunjungan tersebut menyatakan bahwa datang untuk menjenguk Cak Nun. Namun, karena pasien tidak diperbolehkan menerima tamu, hanya perwakilan dari keluarga Cak Nun yang bertemu dengan . Kunjungan tersebut berlangsung singkat, sekitar 15 menit.

Menurut Banu, kunjungan tersebut singkat. hanya bertemu dengan istri Cak Nun, Novia Kolopaking, dan putra Cak Nun. Banu mengatakan, “Jadi memang betul hari ini Pak Jokowi melakukan kunjungan ke rumah sakit Dr. Sardjito dalam kapasitasnya menjenguk Pak Emha Ainun Najib.”

Setelah menjenguk Cak Nun selama beberapa waktu, Presiden Jokowi, yang mengenakan kemeja putih, terlihat meninggalkan RSUP Dr. Sardjito.

Saat ini, kondisi Cak Nun atau Mbah Nun semakin membaik, tetapi masih membutuhkan istirahat di rumah sakit. Keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus mendoakan kesembuhan Cak Nun.****