Tuturan id – Tepat tanggal 17 Agustus 2023, Republik Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-78. Tanggal 17 Agustus adalah momen yang istimewa bagi Indonesia yang diperingati setiap tahunnya, di mana Indonesia merayakan dan menghormati perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mencapai dan mempertahankan negara ini.

Biasanya, perayaan ini diisi dengan berbagai acara dan kegiatan yang menunjukkan semangat nasionalisme dan cinta terhadap tanah air.

Setiap orang dapat memaknai hari ini mulai dari meningkatkan rasa nasionalisme serta membangun semangat perjuangan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari

Bagi Masrur Makmur sendiri kemerdekaan itu memberikan rasa identitas nasional yang kuat dan rasa bangga sebagai Indonesia yang merdeka serta dapat mendapatkan hak-hak individunya.

“Merdeka itu adalah bagaimana kita bisa mengamankan hak-hak dasar individu kita, termasuk hak untuk berbicara, beragama, dan berpendapat tanpa takut represi dari pihak manapun” Masrur kepada tuturan id.

Menurut Doktor Ilmu Linguistik Hasanuddin ini, Kemerdekaan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mengembangkan potensi , sosial, budayanya, sendiri tanpa ketergantungan yang berlebihan pada negara lain.

Sosok yang memiliki komitmen kuat terhadap dunia pendidikan itu juga memaknai hari kemerdekaan sebagai momentum kebebasan dalam mendapatkan hak pendidikan.

“Kemerdekaan membuka peluang pendidikan dan pengembangan diri bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga menciptakan generasi yang terdidik dan berpengetahuan,” ujar Masrur Makmur.

Bakal calon Anggota legislatif DPR-RI 2024 dapil Bali, dari partai NasDem itu juga mengatakan Kemerdekaan juga bermakana memberikan kesempatan setiap individu untuk dapat terlibat dalam proses demokrasi dan pengambilan keputusan negara, seperti pemilihan umum dan partisipasi dalam pemerintahan.” pungkasnya.

Pada HUT RI ke-78 ini dirinya berharap moment kemerdekaan ini dapat menjadi harapan bagi masa depan yang lebih baik, di mana selaku warga Indonesia baiknya dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif dalam skala nasional maupun global.**** (Ar-05/tuturan id)