Tuturan id – Perpaduan angka tujuh berwarna merah solid dan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah serta tema “Terus Melaju Untuk ” menjadi dasar desain Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Logo resmi Dirgahayu RI Ke-78 terpilih, merupakan rancangan Katarina Monika yang merupakan seorang design grafis anggota ADGI yang berasal dari Tagerang.

Secara filosofis, Kesatuan logo tersebut mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju .

Kepala Sekretariat (Kasetpres) Hartono dalam sosialisasi Logo HUT RI Maret yang lalu menyebut, jika logo ini merupakan pilihan didesign oleh Katarina.

Logo ini merupakan hasil proses penyaringan yang dilakukan Kemenparekraf dari lima kandidat logo yang menjadi nominasi rancangan desainer anggota ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia). Hasil penyaringan kemudian diserahkan kepada RI, untuk dipilih.

Logo dan tema HUT ke-78 RI tahun yang terpilih ini nantinya dapat digunakan secara luas oleh , sebagai identitas visual dalam rangka menyambut dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada pada 17 Agustus mendatang. *

Ingin mengunduh Logo HUT RI ke-78, klik disini