– Komisi () dikabarkan telah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan atau medical check up bakal Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Pusat.

Hal itu diungkapkan, Hasyim Asya'ri bahwa paslon Capres dan Cawapres yang pada urutan pertama dalam hal ini Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar () akan melakukan pemeriksaan pada Sabtu (21/10/2023) besok.

“Kita melakukan pembicaraan dengan tim RSPAD, nanti bakal pasangan calon yang didaftarkan pertama itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada hari Sabtu,” kata Hasyim Asya'ri dikutip tuturan.id pada Jumat (20/10/2023).

Untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD rencana akan melakukan pemeriksaan di hari Minggu (22/10/2023). Ketentuan urutan jadwal pemeriksaan, lanjut Hasyim, juga berlaku kepada paslon berikutnya yang .

Sementara itu, Kepala RS Gatot Subroto, Letjen Budi Sulistya, menyatakan bahwa timnya sudah menyiapkan protokol, urutan-urutan, dan durasi setiap pemeriksaan kesehatan.

Menurut Budi, pihaknya bakal mengikuti regulasi dan ketentuan yang telah digariskan RI untuk mengecek kesehatan para bakal capres-cawapres dari sisi jasmani, rohani, dan dari narkoba.

“Pada prinsipnya kami akan menyelenggarakan pemeriksaan dengan prinsip profesionalisme, imparsialitas independensi, dan juga dipercaya. Tiga hal yang kami tekankan dalam hal ini,” ujar Budi.

Tools-nya ada beberapa, kaitannya juga melibatkan kolegium dalam hal ini supaya betul-betul pemeriksaan ini profesional, independen, dan dipercaya, pungkasnya.***(Sw)