Tuturan id – Buntut kasus dugaan perkara korupsi di kementerian pertanian (Mentan) telah naik ke tahap penyidikan.

Selain itu, KPK juga telah melakukan berbagai upaya penggeledahan dalam mengumpulkan bukti-bukti kasus dugaan korupsi di Kementan.

Untuk itu, KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono sebagai tersangka di Kementan. Kasdi langsung ditahan malam tadi.

Berdasarkan pantauan tuturan.id, Rabu (11/10/2023), Kasdi telah mengenakan rompi tahanan berwarna oranye. Tangannya pun telah diborgol. Kasdi Subagyono akan menjalani 20 hari pertama di KPK.

KPK sebelumnya telah mengungkap adanya tiga tersangka dalam di Kementerian Pertanian. Tiga tersangka itu mulai dari mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta, serta Sekjen Kementan Syahrul Yasin Limpo.

KPK sedianya memanggil ketiga orang tersebut untuk sebagai tersangka. Namun hanya Kasdi Subagyono yang memenuhi panggilan KPK.

“Kami juga memanggil para tersangka yang ditetapkan dalam perkara ini, tiga orang, untuk hadir pada hari ini,” kata Kabag Pemberitaan KPK .

Sementara Syahrul Yasin Limpo dan Muhammad Hatta telah menyampaikan permohonan penundaan pemeriksaan. Keduanya diperiksa dengan alasan merawat anggota yang sakit.

“Tapi memang ada surat konfirmasi pemberitahuan dari dua orang tersangka tidak bisa hadir pada hari ini. Alasannya, yang pertama, karena ibu mertuanya sakit, kemudian yang kedua juga sedang menengok orang tuanya di Sulawesi Selatan,” jelas Ali.

“Tentu kami hargai itu karena ada konfirmasi sedangkan satu tersangka masih pemeriksaan oleh tim penyidik KPK dan nanti perkembangannya kami akan sampaikan secepatnya, kurang lebih dua sampai tiga jam dari sekarang,” sambungnya.

KPK membagi tiga kluster dalam di Kementerian Pertanian. Tiga kluster itu mulai dari pemerasan, , dan tindak pidana pencucian uang.***(Nov)