Tuturan id – Polda Metro Jaya terus mendalami penanganan kasus dugaan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Mtero Jaya dikabarkan telah memeriksa Kevin Egananta yang merupakan ajudan atau ADC (Aide-de Camp) Ketua KPK Firli Bahuri, pada Jumat (13/10/2023) ini.

Selain itu, penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya juga telah menjadwalkan akan melakukan pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Kapolda Metro Jaya mengatakan, pemanggilan dilakukan untuk memastikan keterkaitan Firli Bahuri dengan kasus tersebut.

“Ya kaitannya dong, terkait apa tidak,” kata Karyoto kepada wartawan, Jumat (13/10/2023).

Saat ditanya terkait jadwal pemanggilan Firli Bahuri, Karyoto mengaku bakal berkoordinasi dengan penyidik.

Kapolda Metro Jaya mengatakan, bahwa pemeriksaan terhadap akan dilakukan apabila memang layak untuk .

“Ya kalau memang sudah layak untuk , dimintai keterangan sebagai , ya kita minta keterangan, nanti kita liat,” kata Karyoto, Jumat (13/10/2023).

Meski demikian, Karyoto belum menyampaikan lebih jauh mengenai agenda pemeriksaan terhadap Ketua KPK itu.

“Nanti penyidik akan menjelaskan kalau ada jadwal-jadwal, aku tidak tahu secara detail,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebutkan pihaknya akan menjadwalkan pemeriksaan terhadap Firli Bahuri terkait kasus dugaan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Selain Firli, Ade mengatakan, pihaknya bakal turut memanggil lain. Salah satunya legenda bulu tangkis, Hariyanto Arbi yang sempat terlihat berfoto bersama SYL dan Firli.

“Semua akan dilakukan pemeriksaan, semua yang ada dalam peristiwa dugaan tindak pidana terjadi dalam rangka penyidikan tujuannya, adalah untuk mencari dan mengumpulkan bukti dan dengan bukti itu akan membuat terang tindak pidananya, nanti akan kita jadwalkan,” pungkasnya.**(Sw)