Tuturan id – Kartu Prakerja 54 telah dibuka sejak Jumat (2/6/2023). Para peserta yang tertarik dapat segera dan bergabung dalam program ini.

Bagi peserta yang belum memiliki akun Prakerja, mereka dapat Kartu Prakerja 54 melalui laman resmi www.prakerja.go.id. Sementara itu, peserta yang sudah memiliki akun Prakerja hanya perlu mengklik “Gabung ” pada dashboard masing-masing.

Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja 54 telah diumumkan melalui akun resmi @prakerja.go.id pada Jumat (2/6/2023). Dalam unggahan tersebut, dijelaskan bahwa peserta yang ingin bergabung dapat segera klik “Gabung Gelombang” dan secara mandiri melalui laman resmi www.prakerja.go.id. Hal ini memungkinkan peserta untuk segera mengikuti seleksi pada gelombang ini dan memperoleh manfaat dari program Kartu Prakerja.

Berikut adalah langkah-langkah untuk Kartu Prakerja Gelombang 54:

  1. Pastikan kamu memiliki akun Prakerja. Jika belum, kamu dapat mengikuti panduan pembuatan akun Prakerja yang tersedia di laman resmi.
  1. Setelah memiliki akun Prakerja, buka laman www.prakerja.go.id dan pilih Gelombang yang sesuai dengan alamat KTP pada dashboard. Kemudian, klik “Gabung Gelombang”.
  1. Klik “Gabung” untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  1. Setelah itu, akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi pernyataan-pernyataan yang perlu disetujui. Klik “Saya Menyetujui” setelah membacanya.

Tahap pendaftaran selesai. Selanjutnya, tunggu penutupan gelombang Kartu Prakerja dan proses seleksi.

Setelah lolos pada Kartu Prakerja Gelombang 54, peserta akan melanjutkan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih pelatihan yang diinginkan menggunakan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta. Peserta dapat memilih pelatihan yang dibutuhkan dari Mitra Platform Digital yang tersedia. Pembayaran pelatihan dapat dilakukan menggunakan nomor Kartu Prakerja. Pastikan rekening bank atau e-wallet kamu terhubung sebelum membeli pelatihan.
  1. Ikuti pelatihan dengan melakukan pre-test dan post-test, serta menyelesaikan seluruh materi pelatihan yang telah dipilih. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan .
  1. Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah selesai di dashboard Prakerja. Hal ini akan membantu pengembangan program dan memberikan informasi kepada peserta lain.
  1. Dapatkan insentif senilai Rp 600.000 yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet peserta dalam beberapa hari setelah menyelesaikan pelatihan.
  1. Isi survei evaluasi di dashboard Prakerja dengan menjawab dua survei yang disediakan. Peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 50.000 untuk setiap survei yang dijawab.