, Makassar – Direktur Eksekutif Officer ARCHI Research and Strategy Mukhradis Hadi Kusuma menyebutkan peran anak muda sangat penting dalam pemilihan Presiden dan proses demokrasi.

Hal itu disamapaikan Mukhradis usai menutup diskusi dan Winning Training ARCHI Captains di Hotel Mercure, Jl. Pettarani, Makassar, Sabtu (9/9/2023).

Mukhradis juga mengajak kepada seluruh muda untuk dapat menjadikan momen pemilihan presiden (Pilpres 2024) mendatang sebagai ajang pesta kebangsaan yang seru dan menyenangkan.

“Apalagi para anak muda ini rata-rata menyukai dunia maya, terikat erat dengan dunia , multitasking, memiliki ambisi besar dalam berkarya, membutuhkan pengakuan eksistensial, dan senang dengan kampanye kekinian.” kata Mukhradis saat ditemui .id di Makassar.

“Kita ajak para anak muda ini bagaimana mereka bisa benar-benar melek terhadap demokrasi,” imbuhnya.

Menurut Mukhradis, Anak muda memiliki hak suara yang sama dengan lainnya. Melalui pemungutan suara, mereka dapat memilih kandidat yang mereka yakini akan mewakili nilai-nilai dan kepentingan mereka.

Tidak hanya para orang dewasa, Anak muda juga dapat terlibat dalam kampanye politik, baik secara sukarela maupun sebagai . Mereka dapat membantu mengorganisir acara, menyebarkan informasi, dan memobilisasi muda lainnya.

“Salahsatu yang membuat para anak muda ini senang dengan politik, yakni berikan mereka keleluasaan dalam berdemokrasi sesuai pashion mereka, bagai mana mereka mengorganisir, menyebarkan informasi, hingga memobilisasi pemuda lainnya untuk bersama-sama ikut berdemokrasi yang menyenangkan,” tutur Mukhradis.

Di era saat ini, yang dengan mudahnya untuk mengakses informasi, para anak muda juga dapat berperan dengan memahami isu-isu penting dalam pemilihan presiden, seperti pendidikan, lapangan kerja, lingkungan, dan kesehatan. Mereka dapat mendukung kandidat yang memiliki rencana konkret dalam bidang-bidang ini.

Dengan berpartisipasi aktif dalam pemilihan demokrasi, anak muda tak dipungkiri juga dapat mempengaruhi arah negara dan mewujudkan yang mereka inginkan.**(ar)